Bersiaplah, Berikut Kecamatan di Tuban yang Diprediksi Hujan Beserta Petir

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, memprediksi wilayah Kabupaten Tuban besok akan diguyur hujan, bahkan beberapa kecamatan akan mengalami hujan petir. 

Menurut Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Tuban, Zem Irianto Padma menjelaskan jika walaupun saat ini adalah musim kemarau, bukan berarti tidak ada hujan. 

"Tetap ada peluang hujannya tetapi sangat minim dan intensitasnya rendah," ujar Zem. 

Lebih lanjut Zem juga mengatakan jika diprediksikan besok pada hari Selasa (19/09/2023) pukul 13.00 WIB, akan terjadi hujan disertai petir di berbagai wilayah yang ada Kabupaten Tuban seperti Grabagan, Jenu, Merakurak, Montong, Palang, Plumpang, Semanding, Tuban, Widang. Sedangkan untuk kecamatan lain yang akan diguyur hujan dengan intensitas ringan seperti Soko, Parengan, dan Rengel. 

Selain pada siang hari pada malam hari sekitar pukul 19.00 WIB, hampir seluruh wilayah Kabupaten Tuban akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, kecuali beberapa kecamatan seperti Soko, Senori, Rengel, dan Parengan pada pukul 19.00 WIB tidak akan terjadi hujan. 

"Iya benar di beberapa wilayah di Kabupaten Tuban memang akan diprediksikan terjadi hujan petir, namun karena saat ini masih musim kemarau menjadikan peluang tersebut juga kecil," imbuhnya. 

Namun berbeda jika sudah memasuki peralihan musim kemarau, ke musim penghujan. Yang diperkirakan sekitar bulan Oktober, baru akan terlihat frekuensi hujan disertai petir lebih banyak. 

Kemudian, Zem juga meminta masyarakat untuk terus mengikuti informasi cuaca yang disampaikan oleh BMKG Tuban, melalui media sosial. Baik melalui whatsapp grup, twitter, instagram, hingga siaran radio.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS