Jenang Gunting Jadi Kudapan Favorit Khas  Haul Sunan Bonang Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Pada peringatan Haul Sunan Bonang yang ke-514 tahun, banyak ditemui pedagang yang menjamur, baik di kanan ataupun kiri jalan. Mulai dari penjual aksesoris, pakaian, minuman, hingga makanan. 

Saat Haul Sunan Bonang sendiri, terdapat makanan khas yang banyak diburu oleh para peziarah atau pengunjung, yaitu jenang Gunting, yang memiliki rasa legit. Dimana, kudapan ini sendiri terbuat dari campuran tepung beras ketan, gula pasir, gula Jawa, hingga santan. 

Salah seorang pedagang jenang Gunting, Lasri mengatakan jika ia telah berjualan di Haul Sunan Bonang ini sejak kemarin, dan akan kembali pulang ke kota halamannya pada Hari Minggu mendatang. 

"Udah dari kemarin mbak jualan disini, sampai Minggu terus hari Seninnya pulang. Nggak pernah tutup mbak, pagi sampai malam ya disini terus," ungkapnya saat ditemui blokTuban.com di lapak jualannya, Kamis (10/8/2023). 

Adapun harga dari jenang Gunting ini sendiri, Rp60 ribu per kilogramnya. selain jenang Gunting, perempuan asal Kabupaten Kudus ini juga berjualan beraneka macam dodol dengan harga yang sama. 

"Setengah kilogramnya Rp30 ribu mbak, tapi kalau mau beli seperempat, satu kilo juga bisa, terserah yang beli," katanya. 

Sementara penjual lainnya, Andi mengaku jika jenang Gunting ini merupakan makanan khas yang selalu ada saat perayaan Haul Sunan Bonang. Menurutnya, sejak satu Minggu terakhir ini, penjualannya memang lebih meningkat jika dibandingkan dengan hari-hari biasanya. 

"Sehari bisa sampai 10 loyang jenang mbak, biasanya paling cuma 3-4 loyang. Ini ada banyak rasanya mbak, ada jenang caramel, kelapa muda, wijen, terus kopi moka," ujarnya. 

Sedangkan peziarah yang membeli jenang Gunting, Syifak mengatakan bahwa sudah menjadi kebiasannya untuk membeli jenang Gunting pada saat menghadiri acara haul, sebagai oleh-oleh keluarga di rumah, lantaran rasanya yang enak dengan ciri khas yang unik. 

"Hampir setiap tahun saya kesini kalau ada haul, memang selalu beli jenang untuk oleh-oleh keluarga," pungkasnya. [Sav/Dwi] 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS