Hipmikindo Jaring Ratusan UMKM di Tuban, 63  Diantaranya Sudah Teregister Legalitas Produk

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Himpunan Pengusaha Mikro Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikindo) Kabupaten Tuban, menggelar peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-2 tahun, bertempat di D’ Mantan Cafe dan Resto Tuban.

Diketahui, Hipmikindo sendiri merupakan sebuah wadah atau komunitas bagi para pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang ada di Kabupaten Tuban, yang berdiri sejak Bulan Juli 2021 silam.

Ketua Hipmikindo DPC Tuban, Rudi Susanto mengatakan jika kegiatan ini digelar sebagai peringatan HUT Hipmikindo yang ke-2 tahun.

“Sebenarnya Hipmikindo ini berdiri pada tanggal 8 Juli 2021, tapi karena tanggal 8 kemarin, semua pengurus memiliki kesibukan masing-masing dan ada kegiatan lain, akhirnya kita tunda sehingga disepakati hari ini,” jelasnya saat ditemui di lokasi kegiatan, Minggu (23/7/2023).

Selama dua tahun berkiprah di Kabupaten Tuban, lanjutnya, Hipmikindo sudah menjaring ratusan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tuban, baik yang sudah teregistrasi secara resmi maupun belum teregistrasi.

Hanya saja, pelaku UMKM yang sudah teregistrasi dan memiliki legalitas produk secara lengkap, kurang lebih sebanyak 63 orang.

“Bagi teman-teman yang sudah masuk registrasi ini sudah siap legalitasnya, yang sudah masuk registrasi sudah mencapai 63 orang,” sambungnya.

Selain itu, Rudi sapaan akrabnya menambahkan bahwa kegiatan perayaan HUT yang diadakan ini, juga memiliki banyak manfaat bagi para anggota dari Hipmikindo. Pasalnya, dengan hal ini seluruh anggota dapat berkumpul dan mendapatkan pengetahuan lebih dari pelaku usaha yang telah sukses.

Sementara Pengurus Hipmikindo DPC Tuban Bidang Magement dan Pengelolaan SDM, Sibelawati berharap agar Hipmikindo dapat mensejahterakan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tuban. Sekaligus membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban dalam meningkatkan visi misi Bupati Tuban, terhadap peningkatan UMKM.

“Kami di sini selaku Hipmikindo ingin membuat wadah bagi mereka semua, untuk memberikan pengetahuan bagaimana menciptakan produksi yang baik. Di sini juga ada kegiatan sharing ilmu yang didatangkan dari berbagai macam pihak dan pengalaman dari masing-masing anggota,” paparnya.

Di samping itu, Perempuan yang biasa dipanggil Bela ini juga menjelaskan jika saat ini sudah ada ratusan produk yang ada dalam naungan Hipmikindo. Sebab, rata-rata satu pelaku UMKM bisa memiliki 7 sampai 10 produk. [Sav/Ali]