Simak Rangkaian Acara Haul Syekh Ibrahim Asmoroqondi Tuban

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Besok pada hari Rabu 10 Mei 2023 akan diadakan haul Syekh Ibrahim Asmoroqondi ayah dari Sunan Ampel di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Dalam Puncak acara haul ini akan diadakan sebuah pengajian yang dihadiri oleh KH. Ali Manshuri dari Sidoarjo, dan K.H. Ahmad Muwafiq dari Yogyakarta.

Menurut Sukardi ketua panitia haul mengatakan, acara haul pada tahun ini hampir sama dengan acara haul pada tahun lalu.

“Acara yang kita laksanakan hampir sama dengan haul tahun lalu masem termasuk pengisi pengajian juga,” ujar Sukardi ketua panitia haul kepada blokTuban.com.

Selain pengajian ada juga beberapa rangkaian acara lain untuk memeriahkan haul ini. Seperti pada hari Minggu 7 Mei 2023 telah dilaksanakan kegiatan berupa Tahtimul Qur'an Bil Ghoib, serta kegiatan tahlil bersama. 

“Minggu kemarin kita laksanakan Tahtimul Qur'an Bil Ghoib, kegiatan tahlil bersama Kyai, Masyayikh se Kecamatan Palang,” imbuhnya.

Selain itu masih berlangsung festival Banjari yang dilaksanakan mulai 07 hingga 09 Mei 2023.

Untuk rangkaian acara haul berikutnya pada Rabu besok tepatnya 10 Mei 2003 pada pukul 06.00 WIB akan diadakan pawai ta'aruf dan arak-arakan peserta khitan massal.

Kemudian pada pukul 12.30 WIB akan diadakan Tahtimul Qur'an Binnadhor dan dilanjutkan pada pukul 15.30 akan dilaksanakan Tahlil Kubro.

Dan selanjutnya pada pukul 20.00 Wib, akan diadakan pengajian umum. Kemudian pada esok harinya pada hari Kamis 11 Mei 2023 akan ada kegiatan khitan massal yang diikuti oleh ratusan anak.

“Kuota 125 anak tapi kalau masih ada yang daftar ya tetap kita terima,” imbuhnya.

Dan acara terakhir Pada Minggu 14 Mei 2023 akan diadakan dzikir bersama Jamaah Al Khidmah pondok pesantren Al Fitroh, Kedinding Surabaya.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS