Objek Wisata Pelang Tuban Jadi Jujukan Wisatawan Luar Daerah

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Tampak ramai suasana di wisata pelang yang berada di Dusun Pelang, Desa Tahulu, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, saat libur hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah, ternyata pengunjung wisata ini malah didominasi oleh orang-orang yang berasal di luar Kabupaten Tuban.

Wisata pelang merupakan sebuah wisata air yang menyuguhkan keindahan dari sungai yang dipenuhi oleh ratusan ikan mas, serta rindangnya pohon sagu, yang memang sudah menjadi ekosistem sejak dulu di Dusun Pelang.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) wisata pelang Agus mengatakan, bahwasanya di libur Idulfitri ini terdapat kurang lebih 2.000 orang yang telah berkunjung ke Wisata Pelang.

“Terdapat 2.000 pengunjung yang mampir ke wisata ini, saat libur Idulfitri kemarin,” ujar ketua Pokdarwis wisata pelang Agus, kepada blokTuban.com, Senin (1/05/2023).

Namun dari 2.000 pengunjung yang datang, malah didominasi oleh para wisatawan dari Jawa Tengah, hal ini tentunya menjadi sebuah nilai plus bagi Wisata Pelang, berarti wisata ini sudah terkenal hingga Jawa Tengah.

Bagus menambahkan wisatawan yang datang ke Pelang, rata-rata adalah wisatawan dari Pati, Rembang, dan Blora, selain dari Jawa Tengah ada juga beberapa ekosistem dari sekitar Kabupaten Tuban seperti Bojonegoro dan Lamongan.

“Wisatawan dari Kabupaten Tuban hanya 40 persen aja mas,”imbuhnya.

Kendati sudah terkenal hingga provinsi Jawa Tengah Agus, tak mau berpuas diri sampai disini, ia akan terus berupaya untuk meningkatkan wisata Pelangi agar lebih dikenal orang banyak lagi.

Untuk rute menuju Wisata Pelang ini juga terbilang sangat mudah dan banyak jalan yang bisa ditempuh. Apabila kalian dari arah Tuban Kota, maka melalui Patung ke Barat. Setelah sampai perempatan Mandirejo barulah belok kiri mengikuti petunjuk atau plang yang telah dipasang.

Akan tetapi, jika kalian dari arah Montong atau Kerek kalian bisa ke arah Tuwiri Wetan dan kemudian ke arah Desa Kapu, lalu ke Dusun Pelang, Desa Tahulu.[Nur/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS