Ceria Dalam Karya di SDN Cingklung Tuban

Oleh: Emy Srie*

blokTuban.com - Tema ini diusung dalam Open House I SDN Cingklung. Sekolah ini tepatnya berada di desa Cingklung, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. Meskipun berjarak kurang lebih 37 kilometer dari pusat kota, akan tetapi tak menyurutkan langkah untuk mengadakan Open House.

Open House ini merupakan event pertama yang dihelat di sekolah ujung barat Bumi Wali. Acara berlangsung pada semester dua TA 2022/2023 mulai pukul 07.30 WIB hingga pukul 11.00 WIB. Dari sekitar 33 lembaga SD negeri dan swasta di Kecamatan Bancar, SDN Cingklung menjadi sekolah negeri pertama yang mengadakan Open House. Kegiatan ini diikuti oleh 270 peserta dari 27 lembaga TK/RA yang ada di Kecamatan Bancar.

Selain Open House, juga ditampilkan panggung kreasi anak yang diisi oleh anak-anak SDN Cingklung. Diantaranya adalah pembacaan Surat Al-Lail secara berjamaah, pembacaan syiiran Aqidatul Awam, pembacaan puisi, tari, drama, menyanyi tunggal serta menyanyi duet antara ayah dan putri kecilnya.

Panggung kreasi yang ditampilkan tersebut, ke semuanya merupakan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di SDN Cingklung yang dikemas melalui kegiatan menu pagi, menu siang dan kegiatan pengembangan diri. Mengapa diberikan nama menu pagi dan juga siang? Karena dengan pemberian nama tersebut, diharapkan kegiatan ekstra kurikuler ini menjadi sebuah kebutuhan bagi anak-anak di SDN Cingklung layaknya menu makanan yang tersaji di meja makan setiap hari.

Dalam pembacaan Syiiran Aqidatul Awam diiringi oleh tim Rebana SDN Cingklung yang telah terbentuk sejak sekitar 3 tahun yang lalu. Anak-anak berhasil mengharmonikan Syiiran Aqidatul Awam dengan iringan rebana menjadikan sebuah lagu dan iringan music yang dinamis serta merdu didengar.

Selain pembacaan syiiran Aqidatul Awam, pada acara Open House ini juga ditampilkan tarian kreasi baru yang berjudul Tari Bermain yang dimainkan oleh anak kelas 1, 2 dan 3. Tarian ini menggambarkan tentang keseharian anak-anak yang tidak lepas dari dunia bermain. Pembacaan puisi menjadi pengisi acara selanjutnya. Puisi ini dibawakan oleh ananda yang berhasil menjadi juara satu tingkat kecamatan pada tahun 2022 kemarin.

Drama juga menjadi tampilan yang ikut mengisi pada acara Open House kali ini. Terinspirasi dari penculikan Dewi Shinta oleh Rahwana, anak-anak mulai dari kelas empat hingga kelas enam memerankan peran mereka dengan sangat apik serta menjiwai. Tampilan drama ini ditutup dengan nyanyian yang berjudul Anoman Obong yang rencananya akan ditampilkan pada drama di acara Open House II tahun 2024 nanti.

Duet menyanyi menjadi penutup acara Open House kali ini. Lagu yang berjudul Terima Kasih Ayah dan Ibu dibawakan oleh Ananda Khanza yang masih duduk di bangku kelas II di SDN Cingklung. Ananda merupakan wakil kecamatan dalam lomba FLS2N tingkat kabupaten tahun 2023. Dengan tampilnya orang tua pada acara ini menunjukkan bahwa telah terjalin sinergitas yang nyata antara pihak orang tua dan pihak sekolah untuk memajukan dunia pendidikan di desa Cingklung, khususnya.  

Selain tampilan-tampilan tersebut, pada acara Open House kali ini juga ada bazar yang diikuti oleh paguyuban kelas mulai dari kelas satu hingga enam. Turut serta pula ibu-ibu PKK dari desa Cingklung yang menampilkan kreasi masakan per pokja. Setiap paguyuban menampilkan menu masakan yang berbeda, begitu pula dengan PKK.

Dalam acara Open House kali ini juga ada doorprize bagi peserta yang beruntung. Doorprize tersebut berupa voucher yang bisa dibelanjakan di stand-stand bazar yang ada. Tinggal memilih mana yang dikehendaki dengan menukarkan voucer tersebut.

Suksesnya acara ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak. Selain dari tim SDN Cingklung ada juga dari bapak/ibu paguyuban mulai kelas satu hingga enam. Tak ketinggalan dukungan dari pihak desa juga demi lancarnya acara ini. Di tahun 2024 SDN Cingklung juga akan mengadakan Open House II dengan tema dan tampilan berbeda yang pastinya akan lebih seru dan juga menarik. [*]

 

*Guru SDN Cingklung/Anggota IGI Tuban

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS