Jelang Ramadhan, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp85 Ribu Per Kilogram

Reporter: Savira Wahda Sofyana

 

blokTuban.com - Harga Komoditas cabai di Kabupaten Tuban terpantau mulai mengalami kenaikan dibeberapa pasar yang ada di Kabupaten Tuban, seperti halnya di Pasar Baru Tuban yang terletak di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan/ Kabupaten Tuban.

Pengelola Pasar Baru Tuban, Kafi membenarkan adanya kenaikan harga komoditas cabai di Pasar Baru Tuban. Menurutnya, naiknya harga bumbu pedas tersebut sudah terjadi beberapa hari belakangan ini. 

"Iya mbak, harga cabai untuk rawit yang merah sekarang harganya memang lagi naik," ujarnya kepada blokTuban.com, Kamis (16/3/2023) 

Bahkan, kenaikan harga cabai ini sendiri cenderung sangat cepat. Pasalnya, harga cabai rawit tiga hari lalu, masih diangka Rp75 ribu per kilogram. Namun, saat ini harganya semakin melangit, dengan harga kurang lebih Rp85 ribu per kilogram. 

Kendati demikian, pria ini mengatakan bahwa harga cabai biasa dan cabai kriting justru mengalami penurunan harga, dari yang sebelumnya Rp40 ribu per kilogram kini menjadi Rp35 ribu per kilogramnya. 

"Sekarang harganya mencapai Rp85 ribu, naiknya baru tadi pagi mbak. Padahal kemarin harga satu kilonya masih Rp75 ribu," tambahnya. 

Menurutnya, melonjaknya harga bahan pokok di Kabupaten Tuban saat ini, lantaran permintaan pasar terhadap bumbu dapur yang cenderung tinggi, sementara stoknya menipis. 

Senada, salah seorang penjual bahan pokok di Pasar Baru Tuban, Sito Khotijah juga mengatakan menjelang Bulan Ramadhan ini, harga kebutuhan dapur terus mengalami lonjakan harga. 

Bahkan, tidak hanya komoditas cabai saja, kenaikan harga juga terjadi pada komoditas telur ayam ras yang mencapai Rp29 ribu hingga Rp30 ribu per kilogramnya. Padahal, harga normalnya ialah Rp23 ribu. 

"Mau puasa gini memang sudah biasa mbak kalau apa-apa naik semua, ini sekarang cabai kecil (rawit) saja harganya Rp80 ribuan lebih," katanya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS