Monyet Ikon Pemandian Bektiharjo Tuban, Pengunjung Patut Waspada Saat Berinteraksi

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Berbicara soal Pemandian Bektiharjo yang berada di Desa Bektiharho, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, tidak lpas dari sekawanan monyet yang ada di sana.

Dapat dikatakan, monyet adalah salah satu ikon di Pemandian Bektiharjo. Bahkan di area pemandian ini dibangun sebuah patung berukuran cukup besar dengan kisaran tinggi satu setengah meter.

Menurut Tambar Istanto(39) salah satu petugas di Pemandian Bektiharjo saat ini total monyet di pemandian Bektiharjo berjumlah berkisar 25 ekor, sedangkan untuk indukan monyet-monyet di pemandian Bektiharjo ada 14 ekor.

“Total monyet di Pemandian Bektiharjo berkisar 25 ekor sedangkan dengan indukan 14 ekor,” tandas Tambar Istanto.

Untuk perawatan monyet-monyet ini sendiri tak ada perawatan khusus, menurutnya dalam satu hari petugas cukup memberikan makan monyet-monyet ini 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.

Kolam utama di Pemandian Bektiharjo Tuban. (bloktuban/nur)

Untuk makanan sendiri, pengelola memberikan makanan berupa buah-buahan saja yaitu 4 sisir pisang dan 2 buah semangka.

Namun terkadang monyet ini juga mendapatkan makanan dari pengunjung yang membawa pisang atau buah lainnya.

Uniknya monyet-monyet di sini ternyata jarang terkena sakit, dan biasnya monyet-monyet ini sakit hanya ketika terjatuh di atas berbatuan.

“Kalau sakit jarang yang ada mas, biasanya ya sakitnya karena cedera saat jatuh dari pohon,” bebernya.

Jika ada monyet yang sakit biasanya pengelola akan memberikan perawatan, bahkan jika memang agak parah juga akan didatangkan dokter hewan untuk merawat.

Bahkan terkadang beberapa monyet yang terjatuh di atas berbatuan ada juga yang nyawanya tak tertolong, dan harus meninggal dunia. Biasanya jika ada yang meninggal dunia monyet tersebut akan dikubur di sekitar pemandian.

“Selain terjatuh biasanya monyet ini mengalami cedera karena berkelahi dengan sesama monyet lainnya,” bebernya.

Untuk monyet yang nakal atau suka mengamuk, pengelola akan memisahkan monyet tersebut agar tidak dilepaskan dan akan diamankan di dalam kandang saja agar tidak membahayakan pengunjung.

Tips untuk pengunjung agar tidak diusili monyet-monyet ini, pria yang akrab disapa Tanto ini mengatakan, bahwa sebaiknya jangan membawa makanan ke dalam pemandian karena monyet akan marah jika tidak dikasih makanan lebih baik makanannya ditaruh di luar saja.

“Klau bawa makanan lebih baik ditaruh luar saja, soalnya monyet akan marah kalau tidak dikasih,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS