PA Tuban Gandeng Lapas Kelas IIB Tuban dan PT Pos Indonesia, Untuk Apa ?

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Tuban menggandeng dua lembaga berbeda untuk menjalin kerjasama. Karena itu, Selasa (07/03/2023), Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Tuban Siswarno, A.Md.IP, S.H., M.H. beserta tim dan Perwakilan PT Pos Indonesia (Persero) menyambangi Kantor Pengadilan Agama (PA) Tuban. 

Kedatangan dua pimpinan lembaga ini untuk melaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama. 

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban bekerjasama tentang pelaksanaan pemberian fasilitas terhadap proses berperkara pada Pengadilan Agama Tuban bagi Warga Binaan Permasyarakatan (WBP). 

Sedang kerjasama yang terjalin dengan PT. Pos Indonesia tentang pelayanan jasa pengiriman surat tercatat, dokumen, pembayaran dan nazegelen pada Pengadilan Agama Tuban.

Ketua PA Tuban Drs. Mufi Ahmad Baihaqi, M.H. mengatakan, kerjasama dengan Lapas Tuban ini akan memberikan kemudahan dalam proses pemanggilan dan pemberitahuan isi putusan bagi warga binaan pemasyarakatan Kelas IIB Tuban yang akan melaksanakan rangkaian proses berperkara di Pengadilan Agama Tuban. 

‘’Selain itu, kerjasama ini memberikan kemudahan informasi terjadinya perceraian di Pengadilan Agama Tuban pada saat putusan perkaranya sudah inkrach/berkekuatan hukum tetap (BHT), bisa mengetahui kevalidan salinan putusan dan keabsahan akta cerai,’’ ujarnya. Sedangkan kerjasama yang terjalin dengan PT. Pos Indonesia (Persero), lanjut Mufi, salah satunya memberikan kemudahan kepada masyarakat Kabupaten Tuban untuk pengambilan dokumen akta cerai dan dokumen lainnya tanpa harus keluar rumah.

“Semoga dengan terjalinnya kerjasama ini, saya harap dapat membangun sinergitas untuk meningkatkan pelayanan dan dapat terus berjalan dengan baik,” kata Ketua Pengadilan Agama Tuban.

Sementara Kalapas Kelas IIB Tuban Siswarno mengatakan, pihaknya selalu berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk para WBP nya. Kerjasama dengan PA Tuban ini adalah salah satu upayanya untuk memudahkan WBP di Lapas yang dia pimpin jika ada yang berperkara di PA Tuban.

‘’Alhamdulillah kerjasama ini sudah tercapai, semoga membawa manfaat untuk semua pihak yang terkait,’’ tandas Siswarno.[ono]