Gua Akbar di Bawah Pasar Baru Tuban Tembus hingga Kecamatan Rengel

Reporter: Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Diketahui sebelumnya pernah dilakukan penelitian ternyata gua Akbar yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan/Kabupaten Tuban bisa tembus hingga Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban.

Gua Akbar sendiri merupakan salah satu gua yang berada di pusat kota Kabupaten Tuban dan uniknya gua ini berada tepat di bawah pasar Baru Tuban. Denah gua ini sendiri dari jalur yang dibuat pengurus wisata setempat, memiliki panjang 1,2 kilometer.

Menurut Rony Firman Firdaus pengelola objek wisata Gua Akbar mengatakan bahwa, Gua Akbar masih memiliki potensi jalur tembusan di berbagai lokasi gua lainnya.

“Kemungkinan masih ada tembusan-tembusan lainnya,” ujar Rony Firman Firdaus kepada blokTuban.com, Selasa (7/03/2023).

Baca juga: Terletak di Bawah Pasar, Wisata Legendaris Tuban Ini Masih Jadi Favorit Wisatawan

Pendapat ini didasari dari penelitian yang dilakukan pengelola objek wisata pada tahun 90an dengan menghanyutkan berkarung-karung sekam padi di Desa Maibit, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, dan hasilnya ada beberapa sekam padi yang bermuara di gua Akbar.

Pria yang akrab disapa Rony ini menambahkan, bahwa  wilayah Kabupaten Tuban yang merupakan wilayah kars memungkinkan Gua akbar selain tersambung di Kecamatan Rengel juga ada kemungkinan terhubung ke daerah lain.

“Selain terhubung di Kecamatan Rengel bisa saja tembus ke wilayah lainnya,” ujar Rony.

Namun saat itu, Pengelola wisata tidak melanjutkan penelitian ini karena biaya pembersihan tanah dalam gua, bakal memakan waktu lama dan uang yang tak sedikit.

Sebagai tambahan, gua Akbar awalnya merupakan sebuah gua yang tidak difungsikan sebagai objek pariwisata, bahkan saat itu lokasi gua dijadikan masyarakat sebagai lokasi pembuangan sampah. Karena tak ada perawatan saat itu gua dipenuhi dengan semak belukar, dan baru  ditahun 1996, gua ini di bersihkan dan difungsikan sebagai lokasi wisata. Sampai saat ini wisata ini masih menjadi salah satu objek pariwisata primadona yang ada di Kabupaten Tuban.[Nur/Dwi] 

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS