Niat Puasa Nisfu Sya'ban 1444 H Besok 8 Maret 2023

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com – Pada Bulan Sya'ban umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan puasa sunnah, tepatnya pada pertengahan bulan yakni tanggal 15 Sya'ban.

Sebagaimana diketahui, pertengahan Sya'ban tahun ini bertepatan dengan tanggal 8 Maret 2023. Sedangkan malam Nisfu Sya'ban berlangsung pada tanggal 7 Maret 2023.

Berdasarkan Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengikhbarkan awal Sya'ban 1444 H jatuh pada Rabu (22/02/2023). Dengan demikian, umat Islam telah meninggalkan bulan Rajab dan bersiap mengisi Sya’ban untuk kemudian menyongsong bulan Ramadhan.

Dalam Hadits Nabi Muhammad SAW, seperti dikutip dari laman NU Online: Diriwayatkan dari ‘Aisyah RA, ia berkata: Rasulullah SAW sering berpuasa sehingga kami katakan: Beliau tidak berbuka. Beliau juga sering tidak berpuasa sehingga kami katakan: Beliau tidak berpuasa. Aku tidak pernah melihat Rasulullah SAW menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali Ramadhan; dan aku tidak pernah melihat beliau dalam sebulan (selain Ramadhan) berpuasa yang lebih banyak daripada puasa beliau di bulan Sya’ban. (Muttafaqun ‘Alaih. Adapun redaksinya adalah riwayat Muslim).   

Berikut adalah lafal niat puasa Sya'ban: 

  نَوَيْتُ صَوْمَ شَعْبَانَ لِلّٰهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma sya’bâna lilâhi ta’âlâ. 

Artinya: "Saya niat puasa Sya’ban karena Allah Ta’âlâ". 

Membaca niat puasa Sya'ban dapat dilakukan sejak malam hari hingga siang sebelum masuk waktu zawal (saat matahari tergelincir ke barat). Dengan syarat belum melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak terbit fajar atau sejak masuk waktu subuh.​​​​

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS