MA Bina Insan Kamil Tuban Gelar Scientific Fair, Paras Santri Pamerkan Karya Ilmiah

Reporter: Savira Wahda Sofyana 

 

blokTuban.com - Puluhan santri dari Madrasah Aliyah (MA) Sains  Bina Insan Kamil, mengikuti Scientific Fair guna memamerkan berbagai karya ilmiah yang telah dibuat. 

Kepala Sekolah MA Bina Insan Kamil Tuban, Teguh Pambudi Agung mengatakan jika kegiatan ini merupakan pameran karya penelitian, yang menggunakan metode ilmiah. Sabtu (4/3/2023). 

"Kegiatan scientific fair merupakan pameran karya penelitian dengan menggunakan metode ilmiah dan dikerja selama satu semester ini," ujarnya kepada blokTuban.com saat dimintai keterangan. 

Selain memamerkan berbagai karya ilmiah yang berhasil dibuat oleh santri, lanjut Teguh sapaan akrabnya, diselenggarakannya kegiatan ini juga bertujuan untuk memperesentasikan hasil karya ilmiah santri, langsung kepada wali murid. 

Baca juga: Singkirkan 300 Tim dari Berbagai Negara, Pelajar MA dari Tuban Raih Medali Emas Tingkat ASEAN

Oleh karena itu, kegiatan yang bertempat di halaman sekolah MA Sains Bina Insan Kamil, tepatnya di Kelurahan Kembangbilo, Kecamatan Tuban tersebut rencana akan diagendakan setiap tahun, diakhir semester.

"Kegiatan tersebut diikuti 22 santri MA Sains Bina Insan Kamil Tuban, selain itu juga 8 Asatidz, 22 walisantri dan team juri," katanya. 

Adanya banyak karya penelitian yang dipamerkan dalam kesempatan tersebut. Diantaranya seperti halnya es funtime, puding dari bunga telang, pengharum ruangan aroma daun pandan, kopi biji sengon aroma kayu manis, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Pesantren Modern 4 Bahasa di Tuban Wajibkan Santrinya Belajar Pedalangan dan Karawitan

Dengan demikian, maka pria ramah ini berharap dengan adanya kegiatan ini bisa menjadi ajang latihan para peserta didiknya, agar bisa tampil dengan percaya diri dalam mengenalkan produk buatannya tersebut. 

"Untuk mempresentasikan kepada orang tua atas hasil karya ilmiahnya. Agar menjadi latihan kepercayaan diri santri dalam mempresentasikan karyanya dan santri terbiasa dalam melakukan penelitian secara ilmiah," imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS