Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sungai Bengawan Solo Meluap

Langganan Banjir, 5 Desa di Kecamatan Rengel-Tuban Terdampak Luapan Air Bengawan Solo

bloktuban.com | Saturday, 04 March 2023 20:00

Langganan Banjir, 5 Desa di Kecamatan Rengel-Tuban Terdampak Luapan Air Bengawan Solo Banjir akibat luapan Bengawan Solo yang menggenangi sejumlah desa di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. (bloktuban/nur)

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Wilayah Kabupaten Tuban merupakan salah satu wilayah yang dilewati oleh aliran sungai Bengawan Solo, hal ini mengakibatkan jika ada luapan air Bengawan Solo di beberapa wilayah Kabupaten Tuban juga ter dampak.

Seperti diketahui satu kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban yang menjadi langganan banjir adalah Kecamatan Rengel. Sebab wilayah Kecamatan Rengel berada di tepian Bengawan Solo dan sebagian pembangunan tanggul belum selesai.

Informasi yang diterima blokTuban.com, Kecamatan Rengel beberapa waktu lalu mengalami banjir dan baru saja air mulai surut dari area persawahan. Namun saat ini belum 100 persen surut, air sudah kembali datang lagi.

Baca juga: Banjir Rendam SDN 2 Tambakrejo Tuban, 57 Siswa Diminta Belajar di Rumah

Menurut wakil ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Ronggolawe Tuban Yoyok, banjir mulai datang di wilayah kecamatan Rengel pada hari, Jumat (3/3/2023) sekitar pukul 14.00 Wib.

“Air mulai datang kembali, di wilayah Kecamatan Rengel pada kemarin siang,” ujar Yoyok kepada blokTuban.com, Sabtu (4/03/2023).

Diperkirakan Air merupakan kiriman dari Jawa Tengah, dan dari data yang diperoleh dari KSB Ronggolawe wilayah di Kecamatan Rengel yang  saat ini sudah terdampak luapan air bengawan Solo, diantaranya  Desa Rengel, Desa Ngadirejo, Desa kanorejo, Desa Tambakrejo, dan Desa Karangtinoto dengan perincian sebagai berikut:

1. Desa Rengel yang terdampak berada di Dusun Rahayu Lereng Kuning Rt4/rw3.

2. Desa Ngadirejo yang ter dampak terdapat dua Dusun yaitu  Dusun Gembloraseh dampaknya poros jalan dan pemukiman tergenang mencapai 300 meter,  dengan ketinggian rata-rata 10-35 centimeter. Selanjutnya  Dusun Jetis dengan ketinggian rata-rata 20-45cm dan menggenangi pemukiman.

Baca juga: Debit Sungai Bengawan Solo Naik, Rendam 10 Rumah di Tuban

3. Desa Kanorejo yang ter dampak yaitu di Poros jalan Dusun Kanor tergenang 100 meter dengan ketinggian 10-20 centimeter.

4. Desa Tambakrejo yang ter dampak terdapat 2 Dusun, yaitu Dusun Grajakan genangan  air berada di pemukiman warga dengan ketinggian 20-50cm serta poros jalan yang tergenang mencapai 600 mete. Selanjutnya Dusun Tambak/Klubuk  genangan air di pemukiman ketinggiannya mencapai 10-60 centimeter serta Poros jalan yang tergenang sepanjang 3 kilometer.

5. Karangtinoto yang terdampak yaitu Dusun Tomerto, poros jalan tergenang sepanjang 800 meter dengan ketinggian rata-rata 10-50 centimeter.

Selain itu terdapat 3 Sekolah Dasar (SD) yang terdampak yaitu SDN Tambakrejo, SDN Tambakrejo 2 dan SDN Karangtinoto 2.

Tim KSB Ronggolawe, saat ini  telah membagikan 50 selimut kepada lansia, serta dari update terakhir air di wilayah Kecamatan Rengel masih cenderung stabil.

Baca juga: Dikejar Banjir, Biaya Panen Petani di Tuban Naik

“Bojonegoro saat ini sudah surut untuk Kecamatan Rengel masih stabil,” tambahnya.

Selain itu untuk tindakan cepat apabila besok air mengalami kenaikan langkah yang akan di ambil oleh  KSB Ronggolawe yaitu dengan melakukan layanan dapur mandiri 3 titik desa, serta  layanan dukungan psikososial kluster rentan. Namun Apabila air surut KSB Ronggolawe akan bergerak cepat untuk Normalisasi Fasum (bersih-bersih) dengan cara penyemprotan.[Nur/Dwi]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : banjir bengawan solo, kecamatan rengel banjir, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...
-->

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini