Niat Puasa di Malam Nisfu Sya'ban Maret 2023, Ketahui Keutamaannya

Oleh: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Seperti diketahui Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) mengikhbarkan bahwa laporan setiap lokasi rukyatul hilal tidak berhasil melihat hilal pada Senin, 29 Rajab 1444 H atau bertepatan 20 Februari 2023. 

Hal ini berarti 1 Sya'ban 1444 H jatuh pada Rabu 22 Februari 2023 M. Maka Nisfu Sya'ban, 15 Sya'ban 1444 H bertepatan pada Rabu, 8 Maret 2023 atau mulai Selasa, 7 Maret 2023, malam.

Sya'ban merupakan salah satu bulan yang penuh kebaikan bagi umat Islam. Kebaikan tersebut menurut Rasulullah ialah bulan dimana diangkatnya amal-amal.

Baca juga: Malam Nisfu Sya'ban 2023, Ini Tanggal dan Amalan-amalan Sunnahnya

Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW yang bersabda, “Bulan Sya'ban adalah bulan yang biasa dilupakan orang, karena letaknya antara bulan Rajab dengan bulan Ramadan. Bulan Sya’ban adalah bulan diangkatnya amal-amal. Karenanya, aku menginginkan pada saat diangkatnya amalku, aku dalam keadaan sedang berpuasa.” (HR Abu Dawud dan Nasa'i).  

Dari Ali bin Abi Thalib, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Apabila malam nisfu Sya’ban, maka salatlah di malam harinya dan berpuasalah di siang harinya. Sesungguhnya Allah turun ke langit bumi pada saat itu ketika matahari terbenam.

Kemudian Dia berfirman: “Adakah orang yang meminta ampun kepada-Ku, maka Aku akan mengampuninya? Adakah orang yang meminta rezeki maka Aku akan memberinya rezeki? Adakah orang yang mendapat cobaan maka Aku akan menyembuhkannya? Adakah yang begini, dan adakah yang begini…hingga terbit fajar.“ 

Baca juga: Tak Mampu Berpuasa, Bagaimana Hukum Islam Bayar Fidyah dengan Uang

Pada malam Nisfu Sya'ban umat Islam dianjurkan melaksanakan amalan, salah satunya puasa sunnah. Adapun niat puasa Nisfu Sya'ban sebagai berikut.

 Ù†ÙˆÙŠØª صوم غد عن شهر شعبان سنة لله تعالى 

Nawaitu shauma ghadin 'an syahri sya'ban sunnatan lillaahi ta'ala.  

 

Artinya: Saya niat berpuasa besok dari bulan Syaban sunnah karena Allah Ta'ala. [dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS