Pengangguran di Tuban Tembus 32.766 Orang, Disnakerin: Kemampuan APBD Terbatas

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Jumlah pengangguran, hingga kini masih menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Pasalnya, angka  pengangguran di Bumi Wali Tuban masih sangat memprihatinkan.

Dari data yang dihimpun blokTuban.com dari Dinas Tenaga Kerja da Perindustrian (Disnakerin) Tuban, hingga kini tercatat sebanyak 32.766 pengangguran terbuka, dari berbagai jenjang pendidikan.

Rinciannya pengangguran tamatan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 9.040 orang, Sekolah Menengah Pertama (SMP) sebesar 5.651 orang, Sekolah Menengah Atas (SMA) berkisar 17.194 jiwa. Sementara pengangguran tamatan Perguruan Tinggi berjumlah 881 jiwa.

Kepada blokTuban.com, Kepala Disnakerin Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo mengatakan jika pihaknya telah melakukan berbagai upaya, untuk menekan tingginya angka pengangguran di Kabupaten Tuban, melalui berbagai program.

“Untuk mengurangi angka  pengangguran, salah satunya diadakan pelatihan-pelatihan baik perluasan kesempatan kerja, maupun pelatihan berbasis kompetensi. Kemudian juga ada penempatan tenaga kerja,” ujarnya, Jumat (3/2/2023).

Baca juga:

Setujui APBD Tuban 2023, Fraksi PKB DPRD Ajukan 18 Syarat

Selain itu, pihaknya juga selalu berkoordinasi dengan balai kerja, untuk medukung calon tenaga kerja yang siap pakai, serta berkualitas dan berkompeten sehingga dapat bersaing dengan tenaga kerja lain.  

Kendati sudah banyak program yang dijalankan oleh pemerintah, dalam menekan atau mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Tuban, Sugeng menilai masih belum dapat menuntaskan masalah pengaggutan terbuka di Bumi Ronggolawe.

Pasalnya, setiap tahunnya masyarakat yang lulus sekolah berjumlah ribuan orang. Sedangkan kemampuan APBD (Anggaran Pendapatan dan  Belanja Daerah) Kabupaten Tuban masih terbatas.

“Cuma untuk prosentase kita selalu menaikkan dari tahun ke tahun, untuk pelatihan. Baik yang perluasan kesempatann kerja maupun pelatihan berbasis keahlian atau kompetensi itu selalu kita tingkatkan,” sambungnya.

Lebih lanjut, pria ramah ini juga menambahkan bahwa upaya lain yang dilakukan oleh pemerintah dalam menekan angka pengangguran ialah menggelar job fair, yang bekerjasama dengan berbagai perusahaan. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS