Inilah Alasan Dalang Kuat Duduk Berjam-Jam Tanpa Buang Air

Reporter : Muhammad Nurkholis

 

blokTuban.com – Apakah Anda pernah terpikir kenapa seorang dalang wayang kulit bisa kuat duduk selama satu malam tanpa pindah tempat duduk. Selai itu dalang bisa menahan buang air besar atau buang air kecil bahkan menahan kesemutan.

Dengan keunikan tersebut menimbulkan pertanyaan masyarakat awam, apakah seorang dalang sebelum pentas memiliki sebuah jimat atau mantra khusus agar hal tersebut tidak terjadi saat pementasan.

Pertanyaan tersebut dibantah langsung oleh Susiyanto (52), seorang dalang asal Desa Sawahan, Kecamatan Rengel, kabupaten Tuban, bahwa tak ada mantra atau jimat agar seorang dalang tidak buang air kecil atau besar dan kesemutan saat pentas.

“Tak ada hal seperti itu mas, kami juga manusia biasa tapi banyak masyarakat yang menduga begitu,” ujar Susiyanto kepada blokTuban.com, Jumat (27/01/2023).

Menurutnya hal tersebut dikarenakan dalang sewaktu pentas semalam suntuk, selalu aktif beraktivitas mulai dari pikiran dan kaki menjadikan sugesti fokus di pementasan saja.

Namun faktor konsumsi makanan sebelum pentas perlu dijaga agar hal tersebut tidak terjadi.

“Makanan sebelum pentas selalu bapak jaga mas, agar tubuh enak,” ujarnya kepada reporter blokTuban.com.

Pernah, ia saat hendak pentas memakan makanan dan tidak cocok menjadikan perutnya sakit saat pentas untung saat itu ia masih bisa menahan.

Selain makanan sebelum tampil ia akan buang air besar dan air kecil terlebih dahulu. Kondisi tubuh harus benar-benar sehat dan bugar agar sewaktu pementasan satu malam suntuk bisa optimal.  

Pengagum karakter anoman ini juga memiliki sebuah kebiasaan unik, ia akan minum air setelah wayang yang ia mainkan selesai perang. Bahkan dalam sekali minum ia pernah minum 1 botol air ukuran 1 liter setengah.

“Biasanya baru berani minum banyak usai perang, karena biasanya habis perang selang beberapa waktu pementasan udah selesai,” tutupnya.[Nur/Dwi]

 

  

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS