Puasa Ayyamul Bidh Bulan Rajab di Februari 2023, Jangan Lupa Baca Niatnya

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Salah satu puasa sunnah yang sering dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah puasa sunnah Ayyamul Bidh. Yaitu  puasa tiga hari yang dilakukan tiap bulan pada tanggal 13-15 menurut kalender Hijriyah dimana ganjarannya seperti berpuasa sepanjang tahun

Sementara itu, mengutip NU Online hukum puasa Ayyamul Bidl adalah sunnah muakkad berdasarkan hadits-hadits Nabi saw, yang di antaranya adalah sebagai berikut:   ÙˆÙŽØ¹ÙŽÙ†Ù ابْنِ عَبَّاس رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يُفْطِرُ أَيَّامَ الْبِيْضِ في حَضَرٍ وَلاَ سَفَرٍ. (رواه النسائي بإسنادٍ حسن) 

Artinya, “Diriwayatkan dari Ibnu Abbas ra, ia berkata: ‘Rasulullah saw sering tidak makan (berpuasa) pada hari-hari yang malamnya cerah baik di rumah maupun dalam bepergian’.” (HR an-Nasa’i dengan sanad hasan).  

Pelaksanaan puasa sunnah Ayyamul Bidh di bulan Rajab 1444 H dilaksanakan selama 3 hari, jatuh pada tanggal 4 Februari 2023 (13 Rajab), 5 Februari 2023 (14 Rajab), dan 6 Februari 2023 (15 Rajab).

 

Bacaan niat puasa Ayyamul Bidh:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta'ala

 

Artinya: "Saya niat berpuasa besok pada Ayyamul Bidh sunnah karena Allah Ta'ala."

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS