6 Wisata Air Terkenal di Jepara yang Perlu Dikunjungi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Jepara, Jawa Tengah dikaruniai banyak destinasi wisata yang menarik. Tak hanya terkenal dengan eksotisme Pulau Karimunjawa saja, ukiran kayu, hingga kelahiran Kartini saja. Jepara ternyata memiliki banyak destinasi wisata air. 

Berdasarkan data di Jeparakab, setidaknya terdapat enam wisata air terkenal di Jepara. Bagi pecinta wisata air, kalian dapat menghabiskan waktu seharian untuk mengunjungi keenam wisata tersebut. 

Berikut ini ulasan singkat 6 wisata air terkenal di Kabupaten Jepara:

 

1. Air Terjun Songgo Langit di Bucu Kembang

Wisata satu ini letaknya berada di bawah kaki Gunung Muria atau 30 Km dari pusat kota ke arah utara. Dinamai Songgolangit karena letaknya di bawah tebing, dan sekilas seolah-olah sedang menyangga langit. 

Air terjun setinggi 80 meter dengan lebar kurang lebih 2 meter ini memiliki view yang memukau. Tepat dibawah air terjun terdapat kolam penampungan air dengan kedalaman kurang lebih 3 meter. 

Saat berada di lokasi, anda akan lebih nyaman karena terdapat banyak kupu-kupu beraneka warna saat musimnya. Beredar cerita rakyat, bahwa dengan mandi atau membasuk wajah dengan air terjun Songgolangit akan membuat seseorang awet muda. Meskipun demikian, disarankan untuk tetap hati-hati saat bermain air. 

Pengunjung tak perlu khawatir dengan fasilitas. Pengelola telah menyediakan area parkir, tempat ibadah, MCK, dan tempat ganti baju bagi yang bermain air. 

Tiket masuknya pun terjangkau, Rp2.000 hari libur dan Rp1.500 di hari kerja Senin-Sabtu. Sedangkan untuk biaya parkir Rp1.500 motor, Rp3.000 untuk mobil pribadi, dan Rp5.000 untuk bus. 

2. Gua Tritip di Jungwatu Donorojo

Gua Tritip di Kabupaten Jepara menjadi salah satu destinasi yang digandrungi banyak orang. Konon cerita masyarakat setempat, gua ini bekas pertapaan Mbah Joyo Kusumo yang sangat dihormati oleh kawasan setempat. 

Sama halnya gua lainnya, di sekitar Gua Tritip dipenuhi oleh pepohonan besar yang bikin hati adem. Banyak spot foto menarik untuk dicoba, apalagi saat cuaca sedang cerah. 

Tak perlu khawatir, cukup dengan waktu 10-15 menit kalian dapat naik ke puncaknya. Disarankan untuk datang menjelang petang, karena pemandangannya sungguh istimewa. 

Bagi yang hobi nongkrong, di sekitar Gua Tritip sudah banyak penjual makanan dan minuman. Untuk memasuki kawasan destinasi ini, anda cukup membayar tiket Rp5.000 per orang. 

3. Pulau Karimunjawa

Karimunjawa menjadi primadona di Kabupaten Jepara. Letaknya 83 Kilometer di utara Kota Jepara dan menjadi wilayah kecamatan yang berbentuk pulau. Kepulauan Karimunjawa total ada 27 pulau, namun hanya 5 yang dihuni oleh manusia. 

Di sini air lautnya jernih sehingga dapat dengan jelas melihat terumbu karang. Di taman nasional laut Indonesia ini memiliki 90 jenis karang laut, dan lebih dari 240 jenis ikan. 

Terdapat dua cara untuk sampai ke Pulau Karimunjawa, yaitu lewat jalur laut dan udara. Khusus jalur air terdapat 3 jenis kapal yang standby, yaitu kapal motor cepat kartini butuh waktu 4 jam sampai lokasi, kapal Bahari Ekpres butuh 2 jam perjalanan, dan kapal motor kartini sampai 6 jam ke lokasi. 

Sedangkan jalur udara jarang digunakan karena harganya cukup mahal. Tapi, jika anda ingin menikmati perjalanan udara dapat naik pesawat maskapai Merpati Airlines, Sky aviation, dan Wings Air dari Semarang. 

Di Karimunjawa, wisatawan dapat melakukan banyak hal seperti snorkeling, scuba diving, berenang, memancing, berkeliling pulau, mendatangi penangkaran hiu dan masih banyak yang lainnya. 

4. Pulau Mandalika

Pulau satu ini suasanya sangat sunyi karena tidak berpenghuni. Bagi yang ingin mengunjungi pulai ini dapat menggunakan perahu nelayan dengan waktu tempuh 30 menit. 

Salah satu ikon di Pulau Mandalika yaitu mercusuar setinggi 86 meter dengan lampu kedap kedip setiap 5 detik sekali. Saat malam, mercusuar akan terlihat hingga jarak pandang 15-20 mil. 

Di lokasi juga terdapat penginapan dengan tarif Rp80 ribu - Rp200 ribu per malam. 

5. Pulau Panjang

Pulau Panjang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Jepara yang dimana letaknya persis berada disebrang sebelah barat Pantai Kartini. Terumbu Karang, tumbuhan Lamun, Ikan Karang, Mangrove dan masih banyak lagi yang bisa anda saksikan di Pulau Panjang Jepara.

Untuk bisa mencapai pulau yang ciamik ini, maka diharuskan untuk menyeberangi lautan terlebih dahulu melalui Pantai Kartini.

Menggunakan transportasi laut seperti perahu wisata atau perahu nelayan dengan biaya yang dipatok antara Rp20.000 – Rp35.000 per orangnya. 

Sedangkan untuk harga tiket masuk Pulau Panjang sendiri sangatlah terjangkau, yakni hanya sekitar Rp5.000 saja per orangnya. Bagi yang ingin menginap harga per malam penginapan di Pulau Panjang mulai dari 100.000 hingga 800ribuan.

6. Telaga Sejuta Akar di Bondo Bangsri

Sesuai namanya, akar dari pepohonan beringin karet seolah melindungi telaga yang berada di tengahnya. Untuk memasuki objek wisata itu, per orang hanya dikenai biaya kebersihan sebesar Rp 2.500. 

Telaga sejuta akar tak hanya dipergunakan sebagai tempat wisata, namun berperan sebagai sumber pengairan bagi sawah-sawah di sekitarnya. Total ada 90 hektare sawah yang bisa teraliri air dari telaga itu. [Ali]

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS