Top! Selama Tahun 2022 Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream Pertamina Raih 4 Penghargaan Bergengsi

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

 

blokTuban.com - Selama kurun waktu tahun 2022, Zona 11 Regional 4 (Jawa Bagian Timur dan Indonesia Bagian Timur) Subholding Upstream Pertamina berhasil menorehkan prestasi yang cukup gemilang. 

 

Dengan memegang teguh prinsip HSSE, Good Corporate Governance, Tata Nilai AKHLAK, dan kemitraan, perusahaan eksplorasi, eksploitasi dan operasi produksi migas kelas dunia ini tercatat berhasil meraih 4 penghargaan bergengsi.

 

Penghargaan tersebut meliputi program CSR, Bidang Efisiensi Energi (PSBE), konservasi lingkungan, serta kegiatan sosial di masyarakat.

 

Berikut ini 4 penghargaan yang diterima Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream Pertamina tahun 2022:

 

1. TOP CSR Awards

 

Pada bulan Maret 2022, melalui 2 lapangan Zona 11, berhasil mendapatkan beberapa penghargaan. Program CSR yang mendapatkan penghargaan ini dirancang dan dikembangkan untuk dapat memberikan manfaat.

 

Pertama, TOP CSR Awards 2022 on Star 5 didapatkan oleh Pertamina EP Sukowati Field melalui program Sahabat Pertamina. Kedua, on Star 4 didapatkan oleh Pertamina Hulu Energi WMO (PHE WMO) melaui program Pengelolaan Ekowisata Desa Labuhan.

 

Selain penghargaan terhadap program CSR yang dilaksanakan, Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream Pertamina juga meraih 2 penghargaan TOP Leader On CSR Commitment.

 

Penghargaan TOP Leader On CSR Commitment yang pertama diraih Muhamad Arifin selaku General Manager Zona 11. Kemudian yang kedua, yaitu Field Manager Sukowati Field, Totok Parafianto.

 

Penganugerahan penghargaan diselenggarakan pada Rabu 30 Maret 2022 lalu bertempat di Rafless hotel.

 

2. Penghargaan Subroto Awards

 

Di awal Oktober 2022 beberapa lapangan Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream Pertamina telah meraih Piala Penghargaan Subroto Bidang Efisiensi Energi (PSBE) dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). 

 

Penghargaan bergengsi tingkat internasional ini diperuntukan bagi organisasi atau perusahaan yang menunjukan manfaat nyata pada bidang Lingkungan, Energi dan Bisnis.

 

Penganugerahan Piala PSBE ini bergulir pada Hari Rabu, 05 Oktober 2022 di Gedung Chairul Saleh, Jl. Medan Merdeka Selatan, DKI Jakarta. 

 

Dari 53 perusahaan peserta, PHE WMO dan PT Pertamina EP Sukowati berhasil mewakili Zona 11 menyabet penghargaan sub kategori Inovasi Khusus Managemen Energi.

 

3. Penghargaan Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022

 

Di akhir November 2022, Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream Pertamina kembali meraih penghargaan bergengsi. Prestasi tersebut diraih karena kontribusi dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan bagi masyarakat dan lingkungan.

 

Penghargaan tersebut adalah Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2022 yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD).

 

Malam penganugrahan dilaksanakan di Hotel Ritz Carlton Kuningan Jakarta pada Selasa (22/11/2022) silam.

 

Penghargaan ini diraih oleh PEP Sukowati Field. Program yang diganjar anugerah ISDA 2022 yaitu Pengembangan Air Bersih Berbasis BUMDES (Hippam Rahayu).

 

4. Proper Emas

 

Di penghujung akhir tahun 2022, PHE WMO yang tergabung di Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream berhasil mengembangkan Program Salt Centre Terintegrasi dengan menerapkan Teknologi Tepat Guna.

 

Program unggulan tersebut dikembangkan bersama masyarakat Desa Banyusangka, Bangkalan. Tujuan program ini sangat luhur, yaitu untuk menghidupkan industri garam tradisional oleh masyarakat Pulau Garam.

 

Bentuk komitmen terhadap lingkungan berkelanjutan dan peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan inilah yang menjadi sebab PHE WMO meraih Proper Emas ke-4.

 

Sebelumnya, PHE WMO juga sudah pernah mendapatkan emas sebanyak tiga kali pada tahun 2016, 2017 dan 2020.

 

Sebagai catatan, Zona 11 Regional 4 Subholding Upstream Pertamina ini memiliki visi menjadi perusahaan Migas Nasional Kelas Dunia. Dalam menjalankan tugasnya perusahaan menjalankan misinya dengan memegang teguh prinsip HSSE, Good Corporate Governance, serta Tata Nilai AKHLAK. 

 

Untuk meraih visinya, wilayah kerja perusahaan ini juga menjalankan kemitraan melalui digital transformasi secara berkesinambungan. Tujuannya agar menghasilkan kinerja keuangan yang tinggi guna memaksimalkan nilai tambah kepada stakeholders. [Rof]