Pengembangan Wisata Alam di Desa Waleran Tuban Dapat Lampu Hijau Perhutani

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Waleran merupakan desa paling ujung wilayah selatan barat Kecamatan Grabagan. Diproyeksi sebagai wisata "Pungguk Pitu Payak "di Dusun Borokembang. Pengembangan wisata alam tersebut telah mendapat lampu hijau dari Perhutani sebagai pihak yang berwenang terhadap lahan. 

Sejalan dengan tersebut, Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin bersama Forkopimda melaksanakan penghijauan TNI Polri dan Pemda Tuban Serta Seluruh Komponen Bangsa dalam rangka Hari Juang Kartika TNI AD dan Hari Ibu Tahun 2022 di Desa Waleran Kecamatan Grabagan, Kabupaten Tuban.

Kades Waleran, Ramidi mengucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim 0811 Tuban dan Forkopimda serta rombongan yang hadir dalam rangka kegiatan penanaman pohon di wilayah Desa Waleran ini.

"Harapan kami kedepan mohon diperhatikan untuk akses jalan wisata, sesuai dengan motto Kota Tuban, "Bangun Deso Noto Kutho," ungkap Kades.

Selain santunan kepada anak yatim piatu, kegiatan penanaman pohon ini setidaknya terdapat sebanyak 2000 pohon dengan jenis, nangka, sukun, jambu, kelapa dan trembesi di tanam di wilayah Desa Waleran.

Baca juga:

Rawan Erosi, Penghijauan di Bukit Lei Paralayang dan Sendang Dalwo Tuban Digalakkan

ADM Perhutani Tuban Miswanto, mengatakan ini merupakan momen kerjasama yang bagus anatara TNI Polri dan komponen bangsa dengan gerakan penanaman untuk menyelamatkan hutan lindung dan alam. 

Menurutnya, sudah menjadi tugas kita semua untuk menghijaukan hutan. Untuk itu, dukungan pemerintah daerah dan elemen masyarakat sangat di perlukan.

"Tuban sangat berpotensi untuk di buat wisata alam khususnya di Desa waleran ini karena lahan perhutani masih begitu luas dan kita akan selalu mendukung dalam rangka membantu program - program pemerintah daerah," katanya

Lanjut Miswanto, Tuban bisa di artikan 'Metu Banyu" tetapi bisa diartikan juga "Tuban Bangkit", maka dari itu marilah kita tingkatkan untuk penghijauan, dengan harapan kedepan bisa kita nikmati kelestarian lingkungan.

Dandim Tuban dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan penghijauan kali ini merupakan langkah yang sangat baik dan harus diperluas di seluruh lahan kritis. Apalagi, restorasi hutan dan penghijauan lahan kritis masuk dalam fokus program Kodim 0811 Tuban saat ini. 

"Kami sangat mengapresiasi Forkopimca Grabagan bersama perhutani yang dapat menggerakkan masyarakatnya bersama dalam penanaman pohon ini," kata Letko Inf Suhada Erwin. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Letkol Inf Suhada Erwin (Dandim 0811/Tuban) berserta Ny. Roza Suhada (Ketua Persit KCK Cab. XXVI), AKBP Rahman Wijaya (Kapolres Tuban), Budi Wiyana (Sekda Kab Tuban), Andik Hartanto ( Wakil ketua DPRD Tuban ), Bambang Irawan (Kadis Lingkungan Hidup dan Perhubungan Tuban), Lettu Inf Jary Oktaviano Lahindo (Danki 521 Kompi C), Suyatno (Kepala Bank Jatim Tuban), Forkopimka Kec. Grabagan, Kades Waleran, Tokoh agama dan tokoh masyarakat. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS