Fogging dan Penghijauan Digalakkan di Wilayah Soko Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bencana banjir dan sebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Tuban. Pada Jumat (21/10/2022), petugas bersama masyarakat setempat menggalakkan fogging dan penghijauan. 

Penyemprotan atau Fogging oleh Dinas Kesehatan itu dikawal oleh Babinsa Koramil 0811/07 Soko Kodim 0811 Tuban Serda M Toha H tepatnya di Desa Jati, Soko. Pendampingan tersebut merupakan bentuk keikutsertaannya membantu Pemerintah dalam penanganan penyakit khususnya di Desa binaannya seperti pencegahan demam berdarah.

“Foging ini bertujuan mencegah berkembang biaknya jentik nyamuk demam berdarah,” ujar Serda M Toha H.

Pada kesempatan tersebut Babinsa Desa Jati juga mengajak masyarakat Desa binaannya agar peduli terhadap lingkungan terutama kepedulian untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD yang disebabkan oleh nyamuk.

“Kami himbau agar warga peduli lingkungan. Salah satu caranya dengan menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” jelasnya.

Baca juga :

Banjir Kiriman Rendam SDN Sumurgung 1 Tuban, Jam Belajar Diganti Kerja Bakti

- Lahan Gundul Jadi Penyebab Banjir di Tuban

- Musim Pancaroba, BMKG Tuban Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Menurutnya, warga dapat berperan serta dengan langkah 3M, yakni menguras, menutup, dan mengubur barang-barang yang tidak diperlukan. Sebab, barang-barang yang tidak terpakai ini berpotensi menjadi sarang nyamuk penyebab demam berdarah.

Di tempat yang berbeda, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 0811/07 Soko Kodim 0811 Tuban Serma Junaedi beserta 6 anggota ikut serta melaksanakan gotong royong.

Mereka menggelar Jum’at bersih sekaligus penanaman pohon pada program penghijauan dan melestarikan alam di Desa Gununganyar, Soko.

Serma Junaedi menambahkan, kegiatan penghijauan yang dilaksanakan oleh pemerintah Desa Gununganyar dimaksudkan untuk mengajak masyarakat secara langsung turut serta terlibat dalam usaha pelestarian lingkungan alam. Sekaligus menjadikan Desa Gununganyar semakin indah berseri serta jadi contoh untuk yang lainnya.

“Kita mengajak masyarakat dan tokoh pemuda ikut serta dalam menjaga kelestarian dengan penanaman pepohonan dengan tujuan untuk meningkatkan generasi muda agar senantiasa menjaga lingkungan alam dan ikut serta dalam setiap usaha pelestariannya," sambungnya. 

Di tempat terpisah Danramil 0811/07 Soko Kapten Inf Priwahyudi menyampaikan kehadiran Babinsa dalam kegiatan penanaman pohon ini merupakan bukti dan peran TNI dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang ada diwilayah binaan.

“Melalui penghijauan ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam, dengan penanaman pohon sama juga dengan menghijaukan kembali alam, dengan demikian lingkungan akan menjadi sejuk, segar dan asri," tutup Danramil Soko. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS