Musim Pancaroba, BMKG Tuban Imbau Masyarakat Waspada Banjir

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk mewaspadai peralihan musim yang terjadi saat ini. 

Kondisi musim peralihan ke penghujan sering ditandai dengan frekuensi badai yang cukup tinggi. Seperti halnya hujan lebat dengan disertai petir dan juga angin kencang. Kendati pada siang hari kondisi cuaca terik, namun pada sore hari sering turun hujan yang disertai badai. 

Oleh karena itu, untuk menghadapi musim pancaroba ini, Kepala BMKG Tuban, Zem Irianto Padma, meminta kepada masyarakat untuk segera menghentikan aktivitas, dan segera berlindung di tempat yang aman, apabila terlihat mendung. 

“Pahami potensi bencana di wilayah kita, dengan mengingat kembali jenis bencana yang pernah terjadi sebelumnya. Jika pernah terjadi banjir, maka lakukan mitigasi dini untuk mengurangi dampat dari bencana tersebut,” paparnya kepada blokTuban.com, Sabtu (8/10/2022). 

Selain itu, bagi masyarakat yang tinggal disekitar aliran sungai, maka sebaiknya mewaspadai adanya hujan lebat, dengan durasi lebih dari 30 menit hingga 1 jam. Pasalnya, hujan lebat dengan durasi panjang, dapat meningkatkan potensi adanya luapan air sungai. 

Baca juga :

16 Kecamatan di Tuban Telah Memasuki Musim Hujan?

Doom dan Musala Rest Area Tuban Dirobohkan

Ramalan Cuaca Tuban 7 Oktober 2022: Sebagian Wilayah Hujan Petir

Selanjutnya, Zem sapaan akrabnya juga menambahkan, agar masyarakat mulai saat ini lebih memperhatikan adanya pepohonan yang ada di sekitar rumah. Apabila sudah dirasa pertumbuhan pohon cukup tinggi, maka sebaiknya segera tebang ranting pohon. Hal tersebut, bertujuan untuk mengurangi gesekan dengan angin. 

“Semakin banyak ranting dan semakin tinggi pohonnya, maka potensi untuk tumbang akibat angin kencang, semakin tinggi pula,” sambungnya. 

lebih lanjut, untuk dapat mengetahui keadaan cuaca yang ada di Kabupaten Tuban, hendaknya selalu memperhatikan update informasi cuaca dan peringatan dini dari BMKG Tuban. 

Apabila terdapat peringatan dini dari petugas, maka sebaiknya segera melakukan tindakan sedini mungkin, yang dapat mengurangi resiko bencana tersebut. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS