Usai TV Analog Mati, Warga Tuban Keluhkan Harga STB Mahal

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Siaran TV Analog di Kabupaten Tuban, telah dimatikan sejak Rabu (21/12/2022) silam dan digantikan dengan siaran TV Digital atau Analog Switch Off (ASO). 

Dimatikannya siaran TV Analog ini, tentu membuat masyarakat panik dan mencoba untuk mendatangi sejumlah toko elektronik, guna mencari informasi ataupun membeli Set Top Box (STB). Agar kembali dapat menonton siaran TV secara digital. 

Namun rupanya, masyarakat justru dikejutkan dengan harga STB yang melambung tinggi, hingga berkisar Rp300 hingga Rp400 ribu per box. Tingginya harga STB tersebut, tentu terasa memberatkan bagi sebagian masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Seperti yang dikeluhkan oleh Rohimah, masyarakat asal Kecamatan Plumpang yang kedapatan membeli STB di salah satu toko. Menurutnya, ia terpaksa membeli STB dengan harga yang mahal, lantaran anaknya yang masih kecil membutuhkan hiburan untuk menonton televisi. 

Baca juga:

TV Analog di Tuban Mulai Mati, tapi STB Sulit Dicari

"Harga makin mahal mbak sekarang, ini tadi beli harga Rp320 ribu. Sebenarnya mau beli nanti-nanti saja kalau harganya sudah turun, tapi anak saya yang paling kecil ini nangis terus pengen nonton TV, jadinya terpaksa saya beli walaupun harganya sedang mahal," ungkapnya kepada blokTuban.com, Jumat (23/12/2022). 

Penyesalan juga turut dirasakan oleh Ridwan, salah seorang masyarakat asal Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Menurut pengakuannya ia menyesal lantaran tidak membeli STB jauh-jauh hari, padahal sudah mengetahui sejak lama jika siaran TV Analog akan dihentikan.

"Sebenarnya sudah tahu dari lama kalau bakal ada penghentian siaran TV Analog, tapi saya masih santai karena pikir saya Tuban masih lama. Dulu STB masih murah saya nggak beli karena masih santai, sekarang malah harganya naik," katanya. 

Sementara itu, penjual STB di Kecamatan Plumpang, Siti, membenarkan jika saat ini harga STB semakin mahal. Hal itu, diduga akibat dari tingginya masyarakat dalam membeli STB, sehingga barang semakin sedikit dan harga jual menjadi mahal. 

"Iya benar mbak sekarang mahal harga Set Top Box, kalau di sini harganya macam-macam, yang Rp300 ribu ada, Rp350 ada Rp380 juga ada, tergantung merk nya. Kalau dulu masih murah, harganya sekitar Rp150-200 an, banyak yang sakit hati kalau inget-inget harga yang lama," jelasnya. 

Kendati demikian, perempuan ramah ini memprediksi jika tingginya hargaa STB akan berlangsung menurun dan diangka yang stabil, beriringan dengan menurunnya minat masyarakat dalam membeli alat elektronik berbentuk persegi tersebut. Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS