Mengintip Peluang Dari Bisnis Peternakan Bebek di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Bebek  merupakan salah satu hewan yang banyak digemari oleh masyarakat. Selain memiliki daging yang lembut dan berserat, keberadaan bebek juga dapat dimanfaatkan sebagai ladang bisnis.

Pasalnya, saat ini permintaan daging bebek sangat besar di pasaran. Terlebih, saat ini banyak sekali pedagang yang menjual nasi bebek. Baik di wilayah perkotaan maupun wilayah pedesaan.

Tak heran, jika saat ini banyak masyarakat yang melirik bebek untuk diternak, agar bisa memperoleh keuntungan yang lebih. Salah satunya, Karmuji, warga di Desa Ketambul, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, yang mulai menggeluti bisnis peternakan bebek, sejak satu tahun terakhir ini.

“Saya ternak bebek ini baru satu tahun ini, jadi memang lagi mencoba peruntunga ternak bebek. Tetangga-tetangga juga sudah banyak yang lebih dulu ternak dan berhasil,” ujarnya kepada blokTuban.com, Minggu (4/12/2022).

Menurut pengakuannya, selama satu tahun menekuni usaha ini, keuntungan yang diperolehnya cukup banyak. Pasalnya, bebek jenis pedaging tersebut berumur 31-35 hari, sudah siap dipanen dan dijual dengan harga Rp25 ribu per kilogram.

Kendati demikian, ia mengaku jika kesulitan yang dihadapi saat ini ada pada harga pakan yang terlalu mahal. Pasalnya, kini harga sentrat satu karung di pasaran dijual dengan harga Rp350 ribu bahkan lebih.

“Kesulitannya itu di makanannya, karena harga sekarang mahal sekali sama cuaca. Kalau dingin begini bebek bisa stress akhirnya nafsu makannya berkurang dan bisa sakit,” paparnya menjelaskan.

Dalam membudidayakan bebek ini sendiri, biasanya pria berusia 55 tahun ini memberi makan 600 hewan ternaknya sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.  Selain itu, agar bebek dapat tumbuh optimal, perawatan yang diperlukan yaitu menjaga kebersihan kandang.

Pasalnya, kondisi kandang yang bersih dapat menghindarkan bebek dari penyakit. Disamping itu, pemberian pakan berkualitas, pemberian minum dan tambahakn suplemen vitamin juga diperlukan dalam budidaya bebek ini. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS