18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Cuaca Ekstrim Tangkapan Rajungan Nelayan Tuban Sepi, Harga Anjlok!

bloktuban.com | Thursday, 24 November 2022 18:00

Cuaca Ekstrim Tangkapan Rajungan Nelayan Tuban Sepi, Harga Anjlok! Penjual rajungan di Pasar Keradenan, Palang mengeluhkan anjloknya harga rajungan pekan ini.

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Di tengah cuaca ekstrem yang terjadi beberapa minggu terakhir ini,  para nelayan di Desa Keradenan, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, mengeluhkan jika hasil tangkapan rajungannya sepi.

Jika biasanya nelayan bisa menghasilkan 8 sampai 10 kilogram rajungan dalam sehari, kini mereka hanya bisa mendapatkan kurang dari 5 kilogram. Mirisnya, di tengah kemelut cuaca ekstrem tersebut, harga tangkapan rajungan justru mengalami penurunan.

“Cuacanya nggak stabil mbak, hasil tangkapannya menurun. Sekarang harga rajungannya juga turun Rp40 ribu satu kilonya, kalau penyebabnya kurang tahu mbak,” papar Tejo, salah satu nelayan setempat kepada blokTuban.com, Kamis (24/11/2022).

Turunnya harga rajungan tersebut, juga dibenarkan oleh salah satu pedagang ikan di Pasar Ikan Keradenan, Ratna yang mengatakan jika harga jual rajungan akhir-akhir ini cenderung mengalami penurunan.

Jika sebelumnya rajungan dibandrol dengan harga mencapai Rp70 hingga Rp100 ribu per kilogram. Kini, harga binatang bercangkang tersebut, turun dengan harga Rp45 ribu per kilogramnya.

“Harga rajungan memang turun mbak, sekarang harganya Rp45 satu kilo, kemarin kan Rp50 ribu. Padahal biasanya harga rajungan Rp70 ribu bahkan Rp125 ribu juga pernah, sekarang turunnya banyak mbak,” tuturnya.

Menurutnya, selain rajungan yang mengalami penurunan harga, nasib serupa juga dialami oleh kepiting. Jika sebelumnya kepiting dijual dengan harga Rp35 ribu per kilogram, kini turun menjadi Rp30 ribu per kilogram.

Kendati demikian, perempuan ramah ini mengaku tidak mengetahui secara pasti kenapa harga jual rajungan dan kepiting menurun drastis, di tengah hasil tangkapannya yang justru berkurang akibat cuaca yang tidak menentu saat ini.

“Hasil tangkapannya juga sepi mbak rajungan, karena cuacanya kalau sore itu angin. Biasanya sehari bisa dapat 10-15 kilogram, sekarang  dapat 5 kilogram saja jarang. Harganya malah turun, penyebabnya nggak tahu pasti, tapi katanya karena ekspornya tutup,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Rajungan Tuban, Nelayan Sepi, Harga Anjlok, Cuaca ekstrim, Blok Tuban, Kabupaten Tuban, Tuban Hari Ini, Berita Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat