Momen Hari Pohon se-Dunia, Tuban Gelar Aksi Cabut Paku di Pohon

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ada banyak cara untuk merayakan momentum Hari Pohon se-Dunia yang jatuh pada 21 November 2022. Kali ini, Kabupaten Tuban menggelar aksi cabut paku di pohon. 

Kegiatan yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tuban itu, diikuti oleh ratusan pelajar SMA se-Tuban. Selain itu, didukup oleh berbagai intansi seperti Satpol PP dan Pemadan Kebakaran, TNI, Polri, dan lainnya dengan jumlah total 600 peserta. 

Kepala DLHP Tuban, Bambang Irawan mengatakan, aksi cabut paku di pohon sementara fokus di sepanjang jalan protokol di Tuban Kota, Senin (21/11/2022). Aksi pembersihan pohon dari logam itu dibidik memberi penyadaran bagi masyarakat untuk menyayangi pohon di sekitarnya. 

“Banyak pohon yang ditanam, tapi pemeliharaannya kurang. Sehingga, melalui kegiatan ini diharapkan perubahan perilaku masyarakat akan merawat dan menjaga pohon semakin meningkat,” ujar Bambang saat dikonfirmasi usai kegiatan. 

Mantan Sekretaris DLH itu, mendorong masyarakat terus merawat pohon. Setelah proses penanaman, pohon harus tetap dirawat ahgar tumbuh subur dan menghasilkan oksigen untuk bersama. 

“Kita minta masyarakat tidak menancapkan paku di pohon. Karena dalam waktu yang panjang, pohon bisa rusak bahkan mati akibat tindakan tersebut,” seru Ketua PBSI Tuban itu. 

Bambang mengakui bahwa masih banyak masyarakat yang menancapkan paku atau logam di batang pohon. Contohnya, dalam pemasangan reklame, bendera partai politik (parpol), dan lainnya.

“Kita harapkan tidak semerta-merta menempelkan paku di batang pohon, silahkan disandarkan tapi pohon jangan dilukai,” tegasnya.

Sehari sebelumnya, aksi cabut paku di pohon juga digelar oleh anggota Polres Tuban bersama Satpol PP dan Damkar Tuban di sekitar perempatan Tri Darma Tuban. Kegiatan tersebut digelar untuk memberikan pemahaman kepada polisi muda bahwa pohon harus dirawat dan sedapat mungkin tidak dipaku. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS