100 Lebih Kapal Sukseskan Festival Nelayan Karangagung Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyan

blokTuban.com – Ratusan masyarakat yang berada di Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, antusias mengikuti festival nelayan atau kirab perahu yang diadakan di ujung pesisir laut yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan.

Salah seorang nelayan setempat, Hasanudin mengatakan jika festival ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur atau tasykuran nelayan, atas rezeki dan hasil tangkapan yang melimpah, selama satu tahun trakhir ini.

“Ini adalah festival kirab perahu, sehingga banyak sekali yang mengikuti ada sekitar 100 lebih kapal, dari Desa Karangagung sendiri. Tujuannya untuk mengekspresikan kegembiraan,” ujarnya kepada blokTuban.com, Sabtu (5/11).

Dengan diadakannya kegiatan ini, lanjutnya, nelayan berharap agar ke depannya rezeki dan juga hasil tangkapan ikan yang diperoleh, dapat menjadi lebih banyak dan melimpah dari sebelumnya. Sehingga, perekonomian masyarakat menjadi lebih baik lagi.

Sementara salah seorang masyarakat yang turut memeriahkan kegiatan ini, Lilik Yuliati mengatakan bahwa event yang diprakarsai oleh nelayan desa setempat, merupakan agenda tahunan yang selalu digelar oleh masyarakat.

“Kirab perahu rutenya mulai dari sini sampai Pantai Asmoroqondi dan kembali lagi ke sini. Acara seperti ini memang satu tahun sekali diadakan,” paparnya.

Kendati sempat terhenti selama dua tahun, akibat adanya Pandemi Covid-19 di Kabupaten Tuban. Tetapi ia tetap bersyukur lantaran tahun ini, Festival Kirab Perahu kembali diadakan dengan sangat meriah.

Bahkan tidak hanya satu hari saja, menurutnya, kegiatan ini akan diadakan selama empat hari berturut-turut. Dengan berbagai agenda dan hiburan yang dipersiapkan, mulai dari tayub, pertunjukan barongsai, hiburan orkes, santunan anak yatim dan dhuafa, hingga gebyar sholawat yang dimeriahkan oleh Al-Fatiha Indonesia.

“Kemarin ada corona sempat libur, tahun ini baru dimulai lagi. Setelah ini dilanjut tayub dan besoknya barongsai, orkes, dan sholawatan. Jadi ini semacam bentuk syukur dari para nelayan,” jelasnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS