Inilah 2 Golongan Orang yang Didoakan Malaikat

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Menjadi golongan orang yang didoakan malaikat adalah harapan setiap makhluk, terutama bagi mereka yang iman terhaap Malaikat Allah.

Terdapat amalan atau perbuatan yang mampu membuat malaika mengasihi seseorang. Tentu saja perbuatan tersebut dilakukan dengan hati yang tulus dari sanubari.

Dalam hadist riwayat Shahiih Muslim dalam kitab adz-Dzikr wad Du’aa’ wat Taubah wal Istighfaar bab Fadhlud Du’aa’ lil Muslimiin bi Zhahril Ghaib, Rasulullah SAW bersabda:

Yang artinya: "Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan." 

Baca juga: Doa Mohon Ampunan Dosa dengan Kalimat Indah Versi Syekh As-Syadzili

Dilansir dari laman NU Online, berdasarkan kitab "Man Tushallii ‘alaihimul Malaa-ikatu wa Man Tal‘anuhum" karya Dr Fadhl Ilahi bin Syaikh Zhuhur Ilahi (Pustaka Ibnu Katsir), disebutkan terdapat dua golongan orang yang mendapatkan doa dari malaikat,

Pertama, orang yang dido’akan oleh saudaranya sesama muslim sedangkan dia tidak mengetahuinya. Sebagaimana Malaikat yang ditugaskan kepada orang yang sedang menguapkan: “Aamiin,” maknanya adalah: “Ya Allah, kabulkanlah do’anya bagi saudaranya.” 

Baca juga: Tuntunan Cara Shalat Subuh dan Doa Qunut, Dibaca pada Rakaat Kedua

Golongan yang kedua yaitu orang yang mendo’akannya. Malaikat yang diutus kepadanya berkata: “Dan engkau pun mendapatkan apa yang didapatkan oleh saudaramu.

Begitulah 2 golongan orang yang mendapatkan doa dari malaikat adalah terutama sesama muslim yang saling mendoakan saudara lainnya tanpa berkoar-koar namun berasal dari hati yang tulus ikhlas.

 

 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS