Tuntunan Cara Shalat Subuh dan Doa Qunut, Dibaca pada Rakaat Kedua

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Shalat wajib subuh dilaksanakan dua rakaat. Pada rakaat kedua sebelum sujud disunnahkan membaca doa qunut utamanya bagi kalangan Nahdliyin.

Sebagaimana dikutip dari Nu Online, diriwayatkan dari Anas Ibn Malik:

“Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam senantiasa membaca qunut ketika shalat subuh sehingga beliau wafat.” (Musnad Ahmad bin Hanbal, juz III, hal. 162 [12679], Sunan al-Daraquthni, juz II, hal. 39 [9]).

Baca juga: Bacaan Doa Qunut Subuh, Lafal dan Artinya

Doa qunut dibaca pada saat shalat sendiri. Syekh Zainuddin Al-Malibari dalam Fathul Mu’in menyebutkan dimakruhkan doa qunut yang tuk diri sendiri pada saat doa bersama. Kalau shalat berjamaah, imam dianjurkan mengubah lafal “ihdinî (berilah aku petunjuk)” menjadi “ihdinâ (berilah kami petunjuk)”.

Tata cara Shalat Subuh dan Doa Qunut

1. Membaca niat

Niat Shalat Shubuh Munfarid (dikerjakan sendiri)

Ushalli fardhosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an lillaahi ta'aala

"Aku berniat shalat fardhu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala"

Niat Shalat Shubuh sebagai Imam

Ushalli fardhosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an imaaman lillaahi ta'aala

"Aku berniat shalat fardhu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala"

Niat Shalat Shubuh sebagai Makmum

Ushalli fardhosh shubhi rok'ataini mustaqbilal qiblati adaa-an ma'muuman lillaahi ta'aala

"Aku berniat shalat fardhu Shubuh dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala"

 

2. Takbiratul ihram

3. Membaca doa iftitah (sunnah) 

4. Membaca surat Al-Fatihah

5. Membaca surat pendek

6. Ruku’

7. I’tidal

8. Sujud

Baca juga: Niat Shalat Fardhu 5 Waktu, Ibadah Wajib Perintah Allah SWT

9. Duduk di antara dua sujud

10. Sujud

11. Takbir

12. Membaca surat Al-Fatihah

13. Membaca surat pendek

14. Ruku’

15. I’tidal

16. Membaca doa qunut:

 

 Ø§ÙŽÙ„لّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ 

Allahummahdini fî man hadait, wa ‘âfini fî man ‘âfait, wa tawallanî fî man tawallait, wa bâriklî fî mâ a‘thait, wa qinî syarra mâ qadhait, fa innaka taqdhî wa lâ yuqdhâ ‘alaik, wa innahû lâ yazillu man wâlait, wa lâ ya‘izzu man ‘âdait, tabârakta rabbanâ wa ta‘âlait, fa lakal hamdu a’lâ mâ qadhait, wa astagfiruka wa atûbu ilaik, wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammadin nabiyyil ummiyyi wa ‘alâ âlihi wa shahbihi wa sallam

Artinya: "Ya Allah tunjukkanlah akan daku sebagaimana mereka yang telah Engkau tunjukkan. Dan berilah kesihatan kepadaku sebagaimana mereka yang Engkau telah berikan kesihatan. Dan peliharalah daku sebagaimana orang yang telah Engkau peliharakan. Dan berilah keberkatan bagiku pada apa-apa yang telah Engkau kurniakan. Dan selamatkan aku dari bahaya kejahatan yang Engkau telah tentukan. Maka sesungguhnya Engkaulah yang menghukum dan bukan kena hukum. Maka sesungguhnya tidak hina orang yang Engkau pimpin. Dan tidak mulia orang yang Engkau memusuhinya. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha tinggi Engkau. Maha bagi Engkau segala pujian di atas yang Engkau hukumkan. Ku memohon ampun dari Engkau dan aku bertaubat kepada Engkau. (Dan semoga Allah) mencurahkan rahmat dan sejahtera ke atas junjungan kami Nabi Muhammad, keluarga dan sahabatnya."

 

17. Sujud

18. Duduk di antara dua sujud

19. Sujud

20. Tahiyat akhir

21. Salam 

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMNPtuAsw4IjQAw?r=0&oc=1&hl=id&gl=ID&ceid=ID:id