Himpaudi Rilis Buku Cerita Lokal Tuban di HUT ke-17

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dalam rangka hari jadi ke-729 Kabupaten Tuban, dan hari ulang tahun ke-17 Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Tuban mengadakan Gebyar kreasi Semarak literasi budaya di Alun-alun Tuban, Kamis (3/11/2022).

Dalam acara ini juga terdapat launching buku cerita rakyat Tuban, karya dari para pendidik PAUD yang ada di Kabupaten Tuban. Acara tersebut di ikuti oleh anak-anak, orang tua dan pengajar di seluruh wilayah Tuban. Tak hanya itu dalam acara ini juga di isi dengan berbagai penampilan dari anak usia dini.

Menurut Sutiarsih Ketua Himpaudi Tuban kegiatan Gebyar kreasi dan launching buku ini, bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik serta untuk meningkatkan literasi pada anak, buku yang di launching merupakan karya dari guru paud yang tersebar di berbagai kecamatan. 

Dengan di isi oleh cerita-cerita rakyat yang ada di Kecamatan masing-masing.

“Kegiatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi para pendidik, serta untuk meningkatkan literasi pada anak didik. Buku-buku yang di launching tersebut adalah karya dari para tenaga pendidik dengan menulis kisah-kisah yang ada di daerahnya masing-masing,” ujar Sutiarsih kepada blokTuban.com.

Ia juga bangga dengan adanya 20 penulis buku terbaik yang ada di Kabupaten Tuban dengan cerita daerahnya masing-masing. Kedepannya Ketua Himpaudi berharap akan ada penulis buku lebih banyak lagi. Agar nantinya para pendidik bisa berkarya, berkreasi, kreatif, dan inovatif.

Elly Armayanti Arman Bendahara dari Himpaudi Jatim mengatakan, dari tingkat Provinsi sangat mengapresiasi luar biasa dengan bisa menghadirkan anak-anak orang tua dan tenaga pendidik dan bisa melaunching buku. Diharapkan nantinya Himpaudi di Kabupaten Tuban bisa menjadi contoh untuk Himpaudi di kabupaten-kabupaten lainnya.

Apresiasi juga datang dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan Abdul Rakhmat yang datang pada acara ini, dengan adanya acara ini dapat menumbuhkan kreasi guru dan murid.

“Karena untuk murid usia dini sendiri merupakan berada di usia emas, dan semoga nantinya anak-anak tumbuh kembang pikirnya lebih bagus lagi,” ujarnya.

Salah satu bentuk dukungan Pemkab terhadap literasi anak sendiri yaitu, melakukan pelatihan menulis untuk guru dan anak didiknya. {Nur/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS