Hujan Sejam, Jalur Alternatif Bojonegoro-Jatirogo Tuban Terendam Banjir

Reporter : Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Hujan lebat mengguyur sebagian besar wilayah Tuban, Senin (24/10/2022) sore. Akibatnya banjirpun datang. Di jalur alternatif Bojonegoro-Jatirogo misalnya, banjir dengan arus deras menggenangi seluruh badan jalan. 

Tepatnya di wilayah pertigaan Jlaru, Desa Banjarworo, Kecamatan Bangilan, Tuban. Banjir tampak setinggi lutut orang dewasa atau sekitar lebih dari 30 sentimeter. Sebagian kendaraan roda dua pun mogok akibat nekat menerjang arus air yang cukup deras.

"Ini banjir terbesar selama musim hujan ini," ujar warga setempat, Dwi saat ditanya wartawan blokTuban.com, Senin sore.

Selain menggenangi jalan provinsi tersebut, banjir juga masuk sebagian rumah warga. Di wilayah tersebut, banjir berasal dari kawasan hutan yang turun ke wilayah pemukiman tanpa melalui sungai.

"Banjir juga sempat masuk rumah warga," imbuhnya.

Di tempat lain, banjir juga merendam sebagian Desa Kedungjambangan. Banjir disebabkan guyuran hujan lebat sekitar satu jam.

"Hujan dari pukul pukul 15.30 hingga 16.30 Wib," terang Kades Kedungjambangan, Hariono.

Data yang dihimpun blokTuban.com, banjir di wilayah tersebut kini mulai surut. Hujan pun sudah reda. Selain hujan lebat, diduga kuat banjir belakangan ini terjadi disebabkan gundulnya hutan di wilayah tersebut. 

Selain itu, pantauan di lokasi saluran air atau drainase juga minim. Oleh sebab itu, air langsung turun ke pemukiman dan menggenangi jalan raya. [Rof/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS