Tampil Gemilang, Teater Air Tuban Kembali Raih Juara 1 Nasional

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Aktor dari  teater Air SMA Negeri 3 Tuban, berhasil  menyabet juara 1 Nasional dalam ajang Festival Teater Pelajar dan Mahasiswa (FTPM) Nasional, tahun 2022 yang diadakan di Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Pembina teater Air, Siswandi menerangkan jika dalam ajang perlombaan tersebut, aktor dan aktris binaannya itu berhasil memborong dua kategori sekaligus, diantaranya yaitu kategori penyaji terbaik 1 dan juga artistik terbaik.

“Teater Air mendapatkan juara satu ini sudah ke tiga kali berturut-turut, diajang FTP Nasional (Frstival Teater Pelajar}, yang diadakan di Unesa Surabaya,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Rabu (19/10/2022).

Dalam ajang pementasan kali ini, Teater Air mengusung naskah yang berjudul Lubuk Suak (Luka yang mendalam), karya dari Farani Yulia. Naskah ini sendiri berkisah dari cerita rakyat setempat, yaitu Putri Tretek yang berada di Desa Keradenan Tuban. 

Baca juga: 

- Cuan dari Limbah Kayu, Sketsa Siluet Wajah Karya Seniman Tuban Laku di Berbagai Kota

- Puluhan Pelajar SD hingga SMP di Tuban Belajar Teknik Tari di Rumah Baca Anak

Menurut  Siswandi, kisah yang ada dalam naskah tersebut sangat dekat dengan anak  remaja, dimana disana diceritakan bahwa, kisah asmara dari sepasang kekasih tersebut harus terputus, lantaran kekuasaan dan dendam lama yang tidak berkesudahan.

“Dalam pementasan ini memakai naskah yang berjudul Lubuk Suak (Luka yang mendalam), Karya Ferani Yulia,” jelasnya.

Lebih lanjut, untuk dapat membawakan kisah ini dengan sempurna, juga membutuhkan pengorbanan waktu dengan proses yang cukup panjang. Pasalnya, mereka membutuhkan waktu kurang lebih selama tiga bulan, dengan berbagai macam persiapan.

Mulai dari pembuatan konsep naskah, pemilihan aktor, proses reading, pembuatan instrumen musik dan lirik lagu, koreografi gerak, pendalaman keaktoran, hingga konsep makeup keaktoran itu sendiri.

Dari proses panjang itulah, akhirnya Teater Air Tuban berhasil membanggakan nama Kabupaten Tuban, dengan penghargaan yang didapatkannya.  Kendati demikian, pria ramah ini berharap agar kedepannya Teater Air bisa menjadi lebih baik  lagi dari saat ini.

“Harapan saya teman-teman Air, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. [Sav/Dwi]

 

Para personil Teater Air yang pentas di Festival Teater Pelajar dan Mahasiswa Nasional 2022

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS