Segera Hindari, Ternyata Ini Alasan Ular Masuk Rumah Pada Musim Hujan

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pada saat musim penghujan, ular kerap kali masuk ke pemukiman warga. Hal tersebut, tentu sangat meresahkan masyarakat karena berpotensi dapat membahayakan, dengan gigitannya.

Oleh karena itu, masyarakat hendaknya perlu mengetahui beberapa alasan kenapa ular bisa masuk ke dalam rumah. Hal ini, dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, terutama pada saat memasuki musim hujan.

Ketua Exotic Animal Lovers (Exalos) Indonesia, Janu Wahyu Widodo mengungkapkan bahwa ada beberapa hal, yang membuat binatang melata ini nekat masuk ke dalam rumah seseorang, salah satunya karena mencari tempat bersembunyi, Minggu (16/10/2022).

“Ular masuk ke dalam rumah itu karena yang pertama, dia mencari tempat untuk bersembunyi. Karena ular takut dengan predator, maka dia mencari tempat bersembunyi dan diantaranya adalah rumah,” ujarnya.

Selain itu, Janu sapaan akrabnya, juga mengatakan alasan lainnya, yaitu, ular biasa masuk ke dalam rumah karena mencari makanan, yaitu tikus. Sehingga adanya tikus dilingkungan rumah, akan memancing ular untuk masuk ke dalam.

Baca juga :

Ular Tidak Takut Garam? Ternyata Benda Ini yang Bikin Ulat Ketakutan

Mengenal Exalos Indonesia, Komunitas Spesialis Tangani Ular yang Masuk Pemukiman

Puluhan Relawan dari Berbagai Kota Pelajari Karakter dan Penanganan Ular di Tuban

Tak hanya itu saja, biasanya hal lain yang dapat memicu kedatangan ular ialah tumpukan barang yang berlebih. Pasalnya, tumpukan barang menjadi salah satu tempat favorite bagi ular, lantaran lembab dan gelap. Oleh karena itu, hendaknya masyarakat agar menghindari menumpuk barang-barang di rumah.

“Biasanya ular juga mencari tempat yang ada makanan, karena rumah kita biasanya ada tikusnya. Jadi itu sebenarnya alasan kenapa ular masuk ke dalam rumah,” jelasnya.

Jika binatang tersebut sudah terlanjur masuk ke dalam rumah, maka sebaiknya tidak panik karena ular akan merasa terancam apabila terdapat gerakan. Hal yang bisa dilakukan ialah mengamankan anggota keluarga, dan mengusir ular menggunakan alat-alat yang panjang.

Seperti halnya sapu ataupun tongkat, selain itu juga bisa menggunakan bau-bau yang menyengat seperti pengharum ruangan, pembersih lantai, kapur barus dan sejenis lainnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS