Kabar Gembira! Tarif Listrik Dipastikan Tidak Jadi Naik hingga Akhir 2022

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Tarif listrik non subsidi pada kuartal IV atau bulan Oktober - Desember 2022, dipastikan tidak naik. Alasannya untuk menjaga daya beli masyarakat, daya saing sektor industri dan bisnis, mengendalikan inflasi, dan juga memperkuat stabilitas perekonomian nasional. 

Kabar baik ini, tentu membuat masyarakat bisa bernafas dengan lega setelah menghadapi kenaikan BBM pada awal bulan lalu. 

Baca juga: Ramai Soal listrik 450 VA Dihapus, Manager PLN Tuban Buka Suara

Sebagaimana diketahui, Pemerintah melakukan penyesuaian tarif listrik non subsidi untuk setiap kuartal. Bahkan sebelumnya, pemerintah telah melakukan penyesuaian tarif untuk kuartal III 2022. Yang mana, ada 5 golongan yang mengalami penyesuaian tarif, diantaranya ialah 2 golongan rumah tangga dan 3 golongan pemerintah. 

Kebijakan ini, sesuai dengan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) nomor 28 Tahun 2016, tentang tarif tenaga listrik yang disediakan oleh PT PLN (Persero). Sebagaimana terakhir telah dirubah dengan peraturan Menteri ESDM Nomor 2 tahun 2020.

Kabar batalnya kenaikan harga listrik ini, juga dibenarkan oleh Manajer Unit Layanan Pengada (ULP) Tuban, Agus Riyadi. Menurutnya, harga tarif listrik di Kabupaten Tuban, masih tetap seperti sebelumnya dan tidak mengalami perubahan.

Baca juga: Kementrian ESDM Perbarui Data Subsidi listrik di Tengah Isu Pengalihan Pelanggan listrik 450 VA ke 900 VA

"Tarif Listrik di Kabupaten Tuban tidak naik, masih tetap," ujarnya kepada blokTuban.com, Selasa (4/10/2022). 

Selain itu, Agus sapaan akrabnya juga memastikan jika pasokan listrik di Kabupaten Tuban aman, yang disuplay dari empat gardu listrik sekaligus yang berasal dari beberapa daerah.

"Pasokan aman, disuplay dari Gardu Induk Tuban, Mliwang, Tanjung Awar-awar dan Babat," sambungnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS