Gelas Ciptaan Pelajar SMAN Rembang Ini Bisa Dimakan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Produk gelas umumnya dipakai untuk tempat minuman hangat hingga dingin. Namun siapa sangka, gelas ciptaan pelajar SMAN 3 dapat dimakan oleh pemiliknya, Selasa (4/10/2022). 

Gelas tersebut ternyata terbuat dari singkong. Di tangan tiga siswa SMA asal Rembang, Eka Wijayanti, Devan Agustio, dan Komariah Sa’adah, singkong disulap menjadi gelas untuk minuman. Ide tersebut berasal dari keprihatinan banyaknya sampah plastik yang tidak terkelola dengan baik.

Berawal dari kondisi itulah, para pelajar SMAN 3 Rembang tersebut memulai menerjembahkan idenya. Mereka sepakat memilih bahan singkong untuk diolah menjadi gelas minuman.

Dalam eksperimen awal, para pelajar tersebut menggiling singkong dan membentuknya menyerupai gelas. Agar tidak rusak, cetak gelas dari singkong dipanggang kurang lebih satu jam. 

Setelah eksperimen itu berhasil, kemudian mereka menamakan produk gelas yang terbuat dari singkong itu dengan nama Miscalenta. Tak hanya sekedar sebagai wadah minuman, gelas singkong juga dapat dapat di makan. 

Baca juga :

Tiga Tukang Asal Rembang Tersambar Petir di Bancar Tuban, Dua Meninggal Dunia

Rahasia Lampu Hias Buatan Warga Rembang Tembus Pasar Jatim dan Jabar

Tujuh Santri Al-Anwar 2 Rembang Main di Pantai, Satu Hilang Diduga Terseret Arus

Singkong tersebut juga terdapat pewarna makanan dan aman saat dimakan. Bagi yang tidak ingin memakannya, saat gelas tersebut dibuang akan mudah terurai di tanah. 

“Kalau dimakan itu rasanya singkong, seperti getuk, tapi ada tambahan perasa. Sesuai dengan esensi yang diberikan pada Miscalenta Cup ini,” terang Eka dikutip dari kanal YouTube Liputan6 pada Selasa (4/10).

Lanjut Eka, bahwa produk Miscalenta ini sudah dicoba oleh para pedagang di Rembang. Beberapa masukan didapat, seperti masa kadaluarsa yang hanya seminggu nantinya akan menjadi perbaikan agar karyanya dipatenkan.

Hedi Wibowo, Kepala Sekolah SMAN 3 Rembang mendukung produk dari anak didiknya. Ia sadar bahwa lingkungan harus dijaga kelestariannya dari sampah plastik, sehingga perlu ada inovasi. 

"Salah satunya adalah sebuah produk berbahan ketela yang diberi nama Miscalenta. Wadah ini dapat digunakan untuk minuman panas, dingin, es krim, ataupun sebagai pengganti plastik,” sambungnya. 

Hedi menambahkan, bahwa gelas singkong tersebut sudah beberapa kali diikutkan pada lomba karya ilmiah dan pernah meraih juara 2 dalam sebuah lomba di Undip Semarang. Selain itu, produk Miscalenta itu nantinya akan dipatenkan ke HAKI. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS