18:00 . Sosiawan Leak Tour ke Tuban, Antusias Berpuisi Tinggi   |   17:00 . Sinopsis Film Argantara yang Dibintangi Aliando dan Natasha Wilona   |   16:00 . Nasabahnya Jadi Korban Link Mirroring , BRI Tuban: Itu Keteledoran, Tak Ada Ganti Rugi   |   15:00 . Film Berjudul Sandal, Antarkan Guru Tuban Juara di GCC Batch 3   |   14:00 . Cabai dan Tomat di Tuban Turun Rp3.000, Telur Ayam Naik Rp1.833 per Kilogram   |   13:00 . Prediksi Cuaca Tuban 28 November: Hujan Merata di Siang Hari   |   12:00 . ASN Tuban Kebobolan Uang Rp10 Juta di Rekening Tabungan BRI   |   11:00 . Lowongan Kerja Crew Resto Mie Gacoan yang Akan Buka di Bojonegoro   |   10:00 . Nikah di Tengah Banjir, Pengantin Asal Bojonegoro Viral di Medsos   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 28 November 2022 Berada di Level Rp977.000 Per Gram   |   08:00 . Doa Pembuka Rezeki, Diamalkan Rasulullah SAW Setelah Shalat Wajib Subuh   |   07:00 . 321 Korban Meninggal, Tersisa 11 Orang Hilang Pasca Gempa Cianjur   |   06:00 . Komunitas Resik Tuban Santuni Puluhan Anak Yatim Tuwiri Wetan   |   05:00 . Es Lumut Aneka Rasa Disukai Anak Sekolah di Tuban   |   16:00 . Optimalkan Marketing Online, Produk UMKM Tuban Tembus Toko Modern hingga Luar Negeri   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Layanan Jantung di RSUD Koesma Tuban Belum Bisa Diakses Pasien BPJS

bloktuban.com | Sunday, 02 October 2022 07:00

Layanan Jantung di RSUD Koesma Tuban Belum Bisa Diakses Pasien BPJS Instalansi CATHLAB diresmikan Bupati Tuban.

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Instalasi Diagnostik dan Intervensi Kardiovaskuler, Catheterization Laboratorium Jantung (CATHLAB) di RSUD dr. R koesma Tuban kini sudah dapat dioperasionalkan dan dinikmati oleh pasien. Akan tetapi, hanya untuk pasien umum dan asuransi khusus. 

Pihak RSUD dan Pemkab saat ini sedang komunikasi dengan pihak BPJS, agar layanan CATHLAB dapat tercover dan dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat

Bagi pasien BPJS, sementara ini belum dapat menggunakan layanan yang diresmikan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky pada 1 Oktober 2022 itu.

Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD Dr. Koesma Tuban, dr. Erwin Era Prasetya, menjelaskan, bahwa Catheterization Laboratorium Jantung (CATHLAB) adalah suatu pelayanan yang dilakukan di ruangan laboratorium kateterisasi jantung untuk melakukan tindakan invasif non bedah pada penyakit jantung, sebagai penegakan diagnose dan sebagai intervensi/terapeutik melalui pembuluh darah vena atau arteri dengan menggunakan kateter kecil.

“Dengan adanya CATHLAB tersebut, masyarakat di Kabupaten Tuban yang memiliki permasalahan pada Jantung bisa tertangani di Tuban, tidak perlu ke rumah sakit di Surabaya,” ujarnya dalam keterangannya, Minggu (2/9/2022). 

Ditambahkan dr. Erwin bahwa CATHLAB yang dibangun dengan bantuan dari Pemprov Jatim tersebut juga sudah mendapatkan ijin dari Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) untuk tingkat radiasinya, sehingga aman untuk semuanya. Adapun untuk tenaga, RSUD telah menyekolahkan dokter ahli bedah jantung, dan siap melaksanakan tindakan medis tersebut.

Dengan CATHLAB ini, lanjutnya penanganan penyumbatan pembuluh pada jantung tidak perlu dengan operasi bedah. Cukup dengan menyuntikan alat ke pembuluh darah di lengan tangan untuk menghancurkan atau melancarakan sumbatan di pembulu darah jantung.

Selain itu, waktu penanganan juga menjadi lebih cepat, antara 30 menit sampai 4 jam, dengan resiko tingkat kegagalan tidah lebih dari 0, 1 persen, dan tingkat presentasi keberhasilan tinggi. Bahkan, selama penanganan, pasien dalam kondisi sadar dan bisa diajak komunikasi, sehingga CATHLAB ini menjadi terobosan yang luar biasa.

Di lain sisi, Pemkab Tuban terus mendukung kemajuan dan perluasan layanan di RSUD Tuban, salah satunya akan mengembangkan Sarpras bedah central dengan angaran 60 miliar lebih di waktu dekat ini. 

“Jadi ke depan, pasien yang biasanya dirujuk ke RSUD Bojonogoro atau Surabaya, sudah bisa tertangani di RSUD Tuban,” sambung Bupati Tuban, Lindra. 

Diketahui, peresmian ruang CATHLAB tersebut ditandai dengan pemotongan pita di pintu masuk ruangan instalasi CATHLAB oleh Mas Bupati, didampingi, Kapolres Tuban, Dandim 0811/Tuban, Sekda Tuban dan Direktur RSUD dr. R Koesma Tuban beserta jajaran dokter lainnya.

Bersamaan dengan peresmian tersebut, diselenggarakan pula seminar Acute Coronary Syndrome dan tatalaksananya secara daring, dengan nara sumber dr. Hariman Kristian Sp. JP. FIHA dan dr.Fani Suslina Hasibuan Sp. jP(K).,FIHA. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS 

Tag : Fasilitas jantung, RSUD Koesma Tuban, Bukan untuk Pasien BPJS, Blok Tuban, Berita Tuban, Tuban Hari Ini, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat