Ratusan PJU akan Dipasang di 12 Kecamatan Tuban, Nilainya Rp6,9 Milyar

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, rencananya akan segera menambah kembali fasilitas Penerangan Jalan Umum (PJU). Dengan menggelontorkan anggaran yang cukup fantastis, yaitu mencapai Rp6.9 Milyar.

Kepala Bidang PJU, Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban, Sumarno, mengungkapkan bahwa pemasangan PJU tersebut kemungkinan akan dilakukan pada bulan Oktober 2022 mendatang, sebanyak 646 unit yang tersebar di 12 kecamatan sekaligus.

“Ini masih proses lelang di LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik), kemungkinan minggu ketiga bulan depan, sudah mulai dikerjakan,” ungkapnya saat dikonfirmasi oleh blokTuban.com, Jumat (30/9/2022).

Pemasangan PJU di Kabupaten Tuban sendiri, saat ini memang menjadi prioritas bagi Pemkab Tuban. Pasalnya, selama ini penerangan jalan disejumlah daerah di Tuban memang masih banyak ditemukan jalan yang gelap, terutama di daerah pedesaan.

Baca juga :

Pemprov Jatim Raih Terbaik Pertama Media Center Provinsi Kategori Berita Tahun 2022

Kabar Gembira! Empat Pasar Hewan Tuban Dibuka Serentak 2 Oktober 2022

Pupuk Subsidi Tuban Langka, Pemkab akan Cek Gudang dan Distributor

Oleh karena itu, pada tahun ini Pemkab gencar untuk melakukan pemasangan PJU diberbagai wilayah. Diketahui sebelumnya, pada awal pertengahan tahun 2022 lalu, Pemkab Tuban terlebih dahulu telah melakukan pemasangan pada 32 titik sekaligus. Dengan anggaran yang tak kalah fantastis, senilai Rp2,7 Milyar.

“Ada sekitar 22 lokasi yang menyebar, diantaranya wilayah Menilo, Kecamatan Soko, Jalan Rengel-Grabagan, Desa Kowang, Jadi, Boto, Kecamatan Semanding (Tlogonongko), Desa Kaligede, Kecamatan Senori,” jelasnya.

Selain itu, pemasangan JPU rencananya juga akan dilakukan di Desa Sumberejo, Kecamatan Merakurak, Desa Banjarworo, Kecamatan Bangilan, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Desa Ngujuran dan Latsari Kecamatan Bancar,  Desa Sugiharjo dan Kembangbilo, Kecamatan Tuban.

Selanjutnya ialah, di Jalan Desa Ngarum, Kecamatan Grabagan, Desa Ngawun, Kecamatan Parengan, dan juga Desa Punggulrejo yang berada di Kecamatan Rengel. Dengan kembali akan dilaksanakan pemasangan PJU ini, maka Suwarno berharap hal ini bisa mendukung tumbuh kembang ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban.

“Harapannya agar bisa dinikmati masyarakat sekitar, dan pengguna jalan tersebut. Serta bisa mendukung, berkembangnya perekonomian di desa,” imbuhnya. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS