Begini Tips Amankan Akun Twitter Agar Tak Mudah Diretas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Peretasan akun twitter belakang marak terjadi. Pada Februari 2021 lalu, akun Kementrian Keuangan (Kemenkeu) diretas, dan sekarang Senin (12/9/2022) akun twitter AD diretas dan dipenuhi gambar penguin.

Untuk mencegah peretasan terjadi pada akunmu, ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh pengguna Twitter agar aman. Mengutip dari halaman Pusat Bantuan Twitter yang diunggah Twitter Indonesia, cara pertama yaitu dengan mengubah kata sandi di pengaturan atau dapat membuka minta pengaturan ulang kata sandi di halaman keluar. 

Cara kedua, segera memastikan alamat email aman dan tidak diberikan kepada siapapun sandi emailnya. Untuk mengubah alamat email di aplikasi Twitter (ios atau android) dapat dengan masuk ke twitter.comdan membuka tab pengaturan Akun. Pon atau alamat email yang terkait dengan akun Anda agar kata sandi dapat diatur ulang. 

Selanjutnya, pengguna dianjurkan mencabut koneksi dari aplikasi ketiga yang sering dipakai misalnya TweetDeck dan Ubertwitter. Berikutnya, segera perbaruhi kata sandi di aplikasi pihak ketiga. Ketika aplikasi eksternal masih ingin digunakan, disarankan untuk memperbarui kata sandi di aplikasi tersebut. 

Baca juga :

Penyelundupan 34.472 Ekor Benih Lobster ke Singapura Gagal, Petugas Gabungan Temukan Modus Baru

Mobil Bea Cukai Ketemu di Merakurak Tuban, Tahanan Kasus Rokok Ilegal Bojonegoro yang Kabur Menghilang

Empat Kali Masuk Bui, Residivis Tuban Kembali Gasak Motor di Rengel

Selain itu, dilansir dari CNN ada langkah lain untuk mencegah peretasan mulai menghapus setiap Tweet yang tidak wajar ketika akun anda disalahgunakan. Memindai kompoter terhadap virus dan malware, pasang pembaruan keamanan untuk sistem operasi dan aplikasi yang digunakan. 

Selalu menggunakan kata sandi baru dan sulit ditebak. Gunakan verifikasi masuk akun agar lebih aman dan peretasan. Caranya dengan masuk ke halaman pengaturan, pilih Keamanan dan akses akun, pilih keamanan lalu pilih perlindungan kata sandi tambahan.

Mengaktifkan pengaturan ini akan menambahkan keamanan ekstra pada akun pengguna dengan kewajiban untuk memasukkan informasi tambahan jika ingin mengatur ulang kata sandi. Jika diaktifkan, Anda harus menyediakan nomor telepon atau alamat email yang terkait dengan akun Anda agar kata sandi dapat diatur ulang. [Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS