TPID Tuban Temukan Ini Ketika Sisir Pasar Tradisional dan SPBU

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pasca Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sempat menghebohkan masyarakat beberapa hari yang lalu, membuat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Tuban mengambil langkah cepat, sebagai upaya untuk mengendalikan harga bahan pokok di sejumlah daerah, Rabu (7/9/2022). 

Untuk itu, tim tersebut mengadakan pemantauan harga bahan pokok pasca kenaikan harga BBM disejumlah pasar tradisional dan juga Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) selama dua hari berturut-turut. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Tuban, Endro Budi Sulistyo mengungkapkan jika upaya pengendalian harga dan ketersediaan bahan poko tersebut, sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi di Kabupaten Tuban agar tidak naik terlalu tinggi. 

Inflasi sendiri merupakan proses meningkatnya harga-harga secara umum dan secara terus menerus. 

“Dari hasil Tim PID ke pasar ini adalah memantau dan juga mengawasi adanya pasca kenaikan BBM dalam rangka pengendalian inflasi di daerah,” terangnya kepada sejumlah media. 

Baca juga :

Penimbunan Ratusan Liter Solar di Bancar Tuban Terbongkar, Polisi Belum Tahan Pelaku

Pasca Kenaikan Harga BBM, 4 Kelompok Ini akan Diberi Bantalan Sosial Ekonomi oleh Gubernur Khofifah

Tolak Kenaikan BBM, DPD KNPI Tuban Desak Pemerintah Berantas Mafia BBM Subsidi

Menurutnya, dari hasil pemantauan yang dilaksanakan oleh TPID Kabupaten Tuban, menunjukkan jika ketersediaan bahan pokok (bapok) di Pasar Baru Tuban aman. Selain itu, tidak kenaikan harga yang signifikan. 

Justru, Endro sapaan akrabnya mengatakan jika beberapa harga bapok mengalami penurunan harga, seperti halnya harga telur ayam ras yang semula di angka Rp30 ribu per kilo kini turun menjadi Rp29 ribu. 

“Termasuk juga kestabilan harga daging ayam ras dan juga harga daging sapi serta yang tadi kita lihat ini adalah kenaikan yang tidak hanya marginnya kecil itu adalah di cabai, tapi stok ketercukupannya untuk masyarakat Kabupaten Tuban insyaallah cukup,” paparnya. 

Untuk diketahui, selain di Pasar Baru Tuban, Pemkab Tuban melalui TPID juga melakukan penyisiran disejumlah wilayah lainnya, seperti di Pasar Karangagung Palang, SPBU Palang, Pasar Desa Beji Jenu, Pasar Desa Tambakboyo, serta SPBU Jenu atau Tambakboyo. 

Sementara pada hari kedua, TPID Kabupaten Tuban menyisir ke Pasar Desa Bangilan, Pasar Desa Jatirogo, Pasar Desa Tunggulrejo Parengan, SPBU Singgahan atau Jatirogo. Selain itu juga di Pasar Desa Plumpang, Pasar Desa Rengel, Pasar Desa Sokosari Soko dan juga SPBU Plumpang atau Rengel. [Sav/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS