BLK Tuban Latih Disabilitas Buat Kue hingga Makanan Olahan Ikan

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Balai Latihan Kerja (BLK) Tuban yang berlokasi di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban memberikan pelatihan mengolah hasil pertanian kepada para penyandang disabilitas. Pelatihan dalam waktu 30 hari itu bertujuan membuka peluang kerja bagi difabel Tuban. 

Pelatihan dari BLK tahun 2022 langsung direspon baik oleh difabel. Sebab, kemandirian difabel dengan skill yang selama ini didamkan peserta. Selain meningkatkan perekonomian keluarga difabel, juga membuka peluang lapangan kerja bagi orang lain. 

Rencananya, pelatihan satu kelas penuh dari BLK Tuban itu akan diisi sekitar 16 peserta. Diharapkan para difabel serius dan aktif sharing saat pelatihan berlangsung. 

“Kita akan melakukan pelatihan dengan satu kelas nantinya berisi para disabilitas,” ucap Kepala BLK Tuban, Takhiyat kepada blokTuban.com, Senin (22/8/2022).

Baca juga :

Agar Mandiri dan Terampil! Penyandang Disabilitas Usia Kerja di Tuban Dilatih Menjahit

Respon Pernyataan ORBIT, Dinsos Tuban Klaim Sudah Berdayakan Difabel

Pemkab Tuban Tak Miliki Data Sebaran Disabilitas yang Bekerja di Perusahaan Swasta dan Milik Pemerintah?

Pelatian ini nantinya, lanjut Takhiyat akan di lakukan di Kantor BLK dengan tujuan mendatangi para disabilitas. Beberapa produk yang akan dipelajari difabel seperti, kue kering, nugget ikan, abon ikan, dan produk lainnya. 

"Selain olahan hasil pertanian, BLK juga fokus mengolah hasil pertanian," imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Ketua Orbit Tuban, Rustawar menyambut hal ini dengan sangat senang, Melalui pelatihan tersebut, para penyandang disabilitas yang masih menganggur dapat memperolehketerampilan dan bisa menciptakan lapangan kerja. 

"Ini kesempatan bagus dan tidak akan kami sia-siakan. Semoga para difabel juga memberi lapangan kerja bagi orang lain yang belum bekerja," sambungnya. 

Sekedar diketahui, pelatihan ini rencananya akan berlangung sejak 23 Agustus sampai 23 September 2022. Tak sekedar mampu membuat produk, Takhiyat juga berharap agar nantinya para disabilitas juga memperbaiki manajemen keuangannya. [Nur/Ali]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS