Agar Mandiri dan Terampil! Penyandang Disabilitas Usia Kerja di Tuban Dilatih Menjahit

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.comDinsos P3A PMD melakukan pelatihan keterampilan menjahit bagi para disabilitas yang berada di Kabupaten Tuban. Kegiatan ini dilakukan mulai dari 19 Juli sampai dengan 4 Agustus 2022 di LBK Tuban. 

Kegiatan pengembangan skill ini diikuti oleh para disabilitas yang tersebar di Kabupaten Tuban. Tujuannya tidak lain guna memberikan bekal kepada disabilitas agar mereka memiliki keterampilan dan juga penghasilan.

Terkait: Respon Pernyataan ORBIT, Dinsos Tuban Klaim Sudah Berdayakan Difabel

Kegiatan ini rutin dilakukan oleh Dinas sosial setiap tahunnya. Tahun ini terdapat 8 orang disabilitas usia kerja yang mengikikuti pelatihan, diantaranya 2 orang penyandang tuna daksa dan 6 orang tunarungu.

“Kegiatan pelatihan ini kita laksanakan satu tahun sekali dan waktu pelatian dilaksanakan selama 14 hari,” ujar Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Dinsos P3A serta PMD Tuban, Hermawan kepada blokTuban.com, Selasa (2/8/2022)

Selain menjahit pada tahun-tahun sebelumnya Dinsos juga melakukan pelatihan bidang elektronik dan juga membatik.

Terkait: Pemkab Tuban Tak Miliki Data Sebaran Disabilitas yang Bekerja di Perusahaan Swasta dan Milik Pemerintah?

Salah satu peserta latihan, Wina(40) mengaku mengikuti pelatihan karena ingin mengembangkan keterampilan menjahitnya. Ia dulunya memiliki keterampilan menjahit dari konveksi sekolahan akan tetapi saat itu ia belum bisa memotong bahan.

“Dulu sempat belajar menjahit dari sekolahan tapi belum bisa motong kainnya, dengan mengikuti pelatihan ini saya diajari memotong dan juga membuat pola,” ucap wanita asal kecamatan Plumpang ini.

Dengan mengikuti pelatihan ini, ia sekarang bisa membuat potonan pakaian bawahan serta atasan. Harapannya bisa mandiri dengan menjadi penjahit yang handal.

Hermawan juga berharap dengan adanya pelatihan ini agar disabilitas memiliki keterampilan untuk bekerja atau membuka lowongan pekerjaan.

"Bagi disabilitas yang mau mengikuti pelatihan bisa datang ke dinsos P3A PMD atau ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK)," pungkasnya. [Nur/Dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS