Upacara Bendera Hari Kemerdekaan RI ke-77, Salah Satu Desa di Tuban Manfaatkan Pelataran Rumah Warga

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com- Memperingati Hut RI ke 77 Ratusan warga Dusun Juwet Desa Magersari Kecamatan Plumpang melaksanakan kegiatan upacara bendera di pelataran rumah salah seorang warga setempat.

Kegiatan ini telah berlangsung selama 4 kali mulai dari tahun 2018 sampai tahun 2022 warga sangat antusias dengan diadakannya upacara bendera bahkan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan jumlah peserta upacara.

Terdapat 150 peserta upacara bendera yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari usia 17 tahun sampai dengan umur 65 tahun, untuk petugas upacara juga dari kalangan warga sendiri, upacara ini dilaksanakan pada pukul 07.30 wib. Kegiatan ini adalah murni inisitif dari warga Dusun Juwet.

Terkait:

“Kegiatan upacara ini murni muncul dari keinginan warga dusun Juwet untuk ikut serta dalam merayakan HUT R1 dan menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dan berjuang dengan tumpah darah untuk menjadi negara yang merdek dari penjajahan negara asing,” ucap Kepala Dusun Juwet Hadi Sunyato kepada blokTuban.com, Rabu (17/08/2022).

Hadi juga menambahkan dengan dilaksanakan kegiatan upacara bendera ini agar warganya dapat menambah rasa bangga dan cinta dengan tanah air Indonesia.  Yang mana untuk mendapatkan sebuah kemerdekaan tidaklah sebuah hal yang mudah butuh perjuangan dan pengorbanan yang besar.

Untuk itu ia berharap agar kegiatan ini bisa memberi contoh kepada generasi muda atau anak-anak untuk selalu mencintai Indonesia yang berazaskan Pancasila dan jug UUD 45 . Seperti pesan dari  KH. Wahab Casbullah Hubbul Wathon Minal Iman (cinta tanah air merupakah sebagaian dari iman).[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS