Buruh Tiba di Kantor IKSG Tuban, Jalur dari Pelsus ke Pabrik Semen Lumpuh

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Massa buruh metal yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban telah tiba di Kantor IKSG Tuban sekitar pukul 12.00 Wib. Kedatangan pendemo itu langsung melumpuhkan jalur dari Pelabuhan Khusus (Pelsus) ke pabrik Semen Indonesia Pabrik Tuban, Senin (15/8/2022). 

Pantauan di lokasi, lebih dari seribu motor pendemo langsung diparkir di tengah jalur produksi semen. Sehingga truk muatan bahan baku semen tak dapat melintas menunggu aksi demo di IKSG selesai. 

Ketua FSPMI Tuban, Duraji terus menyemangati anggotanya untuk kompak dan tetap dalam satu komando. Ia meminta jangan ada satupun anggota yang berkhianat atau menjai sengkuni, dalam memperjuangkan 33 buruh yang di PHK. 

"Ada 5 tuntutan dari buruh pada demo hari ini. Diantaranya meminta PT Swabina Gatra mempekerjakan kembali 33 buruh yang di PHK," ujar Duraji. 

Baca juga : Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya

Kepada IKSG, buruh meminta menunjukkan bukti bahwa perusahaan anak usaha Semen Indonesia, mengalami kerugian selama dua tahun. Dalam aksi di IKSG, terjadi ricuh diduga ada dua buruh yang dibawa masuk ke dalam perusahaan oleh pihak yang belum diketahui. 

Duraji meminta kepada pihak yang membawa anggotanya untuk mengembalikan. Apabila tidak, maka ia mengancam akan melumpuhkan jalur Pantura Tuban seperti terjadi pada demo sebelumnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS