Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kabupaten Tuban berencana menggelar aksi demo, Senin (15/8/2022). Berdasarkan surat pemberitahuan kepada Kapolres Tuban, massa akan berunjuk rasa di empat lokasi. 

Empat lokasi yang akan didatangi massa buruh metal, yaitu PT. Swabina Gatra, PT. IKSG, Kantor Pengawas Ketanakerjaan Korwil Tuban, dan Kantor Pemerintah Kabupaten Tuban. 

Unjuk rasa buruh tersebut direncanakan mulai pukul 06.30 Wib sampai selesai dengan Korlap Korda Garda Metal Provinsi Jawa Timur. Dalam suratnya, buruh metal mengusung lima tuntutan yaitu, menolak PHK sepihak yang dilakukan oleh PT. Swabina Gatra yang tidak mendasar dan menyalahi ketentuan yang berlaku. 

PT. Swabina Gatra wajib mempekerjakan kembali 33 orang yang di PHK. Apalagi sebagian besar merupakan warga ring 1 IKSG dan PT. Semen Indonesia. Menuntut PT. IKSG menunjukkan bukti bahwa perusahaan mengalami kerugian selama 2 tahun. 

Buruh juga menuntut Pemkab mengupayakan untuk memastikan 33 pekerja dapat bekerja kembali dan memastikan PHK tidak terulang. Menuntut pengawas ketenagakerjaan Jawa Timur melakukan pemeriksaan jenis sifat pekerjaan di wilayah IKSG yang selama ini dikerjakan oleh pekerja alih daya. 

Ketua FSPMI Tuban, Duraji menjelaskan, untuk rute aksi dimulai dari Lapangan Desa Temandang - PT. Swabina Gatra - PT. IKSG - Kantor Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur dan terakhir di Kantor Pemkab Tuban. 

"Kurang lebih ada 2.500 massa buruh yang demo besok," ujar Duraji dalam suratnya. [Ali] 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS