22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Tuban, Jawa Timur

bloktuban.com | Tuesday, 02 August 2022 06:00

Pembangunan Pariwisata di Kabupaten Tuban, Jawa Timur Wisata Pelang Tuban menyuguhkan suasana adem dan menawan serta pengunjung dapat bermain dengan ikan. (Ist)

Oleh : Daffa yulia pratama

blokTuban.com - Tuban merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Seperti berbagai wilayah pada umumnya, Tuban menyimpan banyak potensi wisata yang patut untuk dikembangkan. Destinasi wisata di Kota Tuban beragam, mulai pantai yang eksotis, gua, air terjun, wisata religi, dan banyak lagi lainnya.

Sebelum lebih jauh membahas pariwisata di Tuban, kata pariwisata sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang terdiri atas dua kata yaitu pari dan wisata. Pari berarti “banyak” atau “berkeliling”, sedangkan wisata berarti “pergi” atau “bepergian”, Selasa (2/8/2022).

Atas dasar itu, maka kata pariwisata seharusnya diartikan sebagai perjalanan yang dilakukan berkali-kali atau berputar-putar, dari suatu tempat ke tempat lain. Di dalam bahasa Inggris disebut dengan kata “tour”, sedangkan untuk pengertian jamak, kata “Kepariwisataan” dapat digunakan kata “tourisme” atau “tourism”.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia dikemukakan bahwa pariwisata adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Istilah pariwisata pertama kali digunakan pada tahun 1959 dalam Musyawarah Nasional Turisme II di Tretes, Jawa Timur. Istilah ini dipakai sebagai pengganti kata Turisme sebelum kata pariwisata diambil dari bahasa Sansekerta. 

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas, lebih lanjut Yoeti (1996) memberikan suatu batasan tentang penyebaran kata-kata seperti wisata, (perjalanan), dalam bahasa Inggris dapat disamakan dengan perkataan “travel”. Wisatawan, orang yang melakukan perjalanan dan dalam bahasa Inggris dapat disebut dengan istilah “travellers”.

Para wisatawan adalah orang-orang yang melakukan perjalanan dalam bahasa Inggris biasa disebut dengan istilah “travellers”(jamak). Pariwisata diartikan perjalanan yang dilakukan dari suatu tempat ke tempat lain dan dalam bahasa Inggris disebut “tourist”. Lalu, para pariwisatawan dimaknai sebagai orang yang melakukan perjalanan tour dan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah “tourists” (jamak).

Kepariwisataan merupakan hal-hal yang berhubungan dengan pariwisata dan dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah “tourism”. Untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke suatu wisata perlu menerapkan nilai-nilai sapta pesona. Sаptа Pesonа didefinisikаn sebаgаi kondisi yаng hаrus diwujudkаn dаlаm rаngkа menаrik minаt wisаtаwаn untuk berkunjung kesuаtu dаerаh аtаu wilаyаh di negаrа Indonesiа. 

Sаptа Pesonа terdiri dаri tujuh unsur yаitu аmаn, tertib, bersih, sejuk, indаh, rаmаh, dаn kenаngаn. Sehubungаn dengаn meningkаtnyа kinerjа pembаngunаn pаriwisаtа, mаkа progrаm Sаptа Pesonа kemudiаn disempurnаkаn dаn menjаdi jаbаrаn konsep Sаdаr Wisаtа sebаgаimаnа tertulis dаlаm Pedomаn Kelompok Sаdаr Wisаtа (2012:12-16).

Pаdа buku pedomаn ini, amаn didefinisikan suаtu kondisi lingkungаn di destinаsi pаriwisаtа yаng memberikаn rаsа tenаng, bebаs dаri rаsа tаkut dаn kecemаsаn bаgi wisаtаwаn. Tertib merupakan suаtu kondisi lingkungаn dаn pelаyаnаn di destinаsi pаriwisаtа yаng mencerminkаn sikаp disiplin yаng tinggi sertа kuаlitаs fisik dаn lаyаnаn yаng konsisten dаn terаtur sertа efisien.

Bersih dapat diartikan suаtu kondisi lingkungаn sertа kuаlitаs produk dаn pelаyаnаn di destinаsi pаriwisаtа yаng mencerminkаn keаdааn yаng sehаt/higienis. Sejuk dimaknai suаtu kondisi lingkungаn di destinаsi pаriwisаtа yаng mencerminkаn keаdааn yаng sejuk dаn teduh yаng аkаn memberikаn perаsааn nyаmаn dаn “betаh” bаgi wisаtаwаn. 

Indаh adalah suаtu kondisi lingkungаn di destinаsi pаriwisаtа yаng mencerminkаn keаdааn yаng indаh dаn menаrik yаng аkаn memberikаn rаsа kаgum dаn kesаn yаng mendаlаm bаgi wisаtаwаn. Rаmаh yaitu suаtu kondisi lingkungаn yаng bersumber dаri sikаp mаsyаrаkаt di destinаsi pаriwisаtа yаng mencerminkаn suаsаnа yаng аkrаb, terbukа dаn penerimааn yаng tinggi kepаdа wisаtаwаn.

Terakhir kenаngаn merupakan suаtu bentuk pengаlаmаn yаng berkesаn di destinаsi pаriwisаtа yаng аkаn memberikаn rаsа senаng dаn kenаngаn indаh yаng membekаs bаgi wisаtаwаn. 

Menurut Karyono, (1997:15), pariwisata adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok manusia ataupun oleh individu di dalam wilayah negara lain. Dalam kegiatan tersebut tersedia  berbagai kemudahan, baik jasa maupun faktor penunjang lainnya yang disediakan oleh pengelola pemerintah dan atau masyarakat, agar dapat mewujudkan keinginan wisatawan.

Pariwisata di Kabupaten Tuban memiliki potensi untuk terus dikembangkan, terbukti dengan kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung di Tuban setiap tahunnya. Potensi wisata yang di miliki Kabupaten Tuban sangatlah banyak, namun banyak pula wisata yang belum dikelola dan dikembangkan dengan baik oleh Pemerintah Kota Tuban. 

Selama ini, Pemerintah Kabupaten Tuban membranding atau mencitrakan pariwisatanya di sektor religi, karena julukannya yang biasa disebut dengan “Tuban Bumi Wali”. Padahal perlu juga upaya pengembangan pariwisata dengan lebih intensif di luar sektor itu.

Contohnya saja di Kecamatan Merakurak, terdapat berbagai wisata yang belum banyak dikenal oleh wisatawan, diantaranya Jati Wangi yang berada di Desa Tuwiri wetan, Kampung Air berada di Desa Sambonggede, Tebing Pelangi berada di Desa Tuwiri Wetan, Wisata Pelang berada di Desa Tahulu, dan ada wisata baru yang baru diresmikan tentunya belum banyak masyarajat yang mengetahuinya, yaitu Wisata Perahu Pangklangan, berada di Desa Mandirejo. 

Dari berbagai wisata yang berada di Merakurak itu, salah satunya Wisata Pelang masih memiliki potensi yang perlu dikembangkan lagi. Dari segi infrastruktur, akses jalan, dan perbaikan lainya. 

Untuk meningkаtkаn perаn mаsyаrаkаt sebаgаi pelаku pembаngunаn kepаriwisаtааn аgаr dаpаt menjаdi tuаn rumаh yаng bаik dаn mendukung proses perkembаngаn kepаriwisаtааn berdаsаrkаn nilаi-nilаi Sаptа Pesonа melаlui pemаnfааtаn dаyа tаrik wisаtа yаng merekа miliki. 

Masyarakat harus sadar akan wisata yang ada didaerahnya. Dalam wilayah pariwisata Kota Tuban sangat terkenal dengan berbagai tempat tempat wisata, dan jika di lihat dari kacamata nusantara Tuban adalah kota dengan julukan kota Bumi Wali. 

Hal ini di lihat dari banyaknya makam-makam para wali, ini dapat di manfaatkan sebagai wisata religi. Contohnya makam Sunan Bonang, Asmoroqndi, Sunan Berjagung  dan makam para ulama lainnya. 

Di lain sisi, Tuban juga mempunyai keindahan lainya. Di bagian utara wilayah Tuban terutama di sepanjang Jalur Pantura, terdapat pantai-pantai yang indah dan menjadi destinasi wisata yang bisa di kunjungi.  

Pantai Tuban sepanjang 65 Kilometer membentang dari dari Kecamatan Palang sampai Bancar. Meskipun panoramanya indah, namun destinasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Tuban kurang mendapatkan perhatian yang lebih oleh Pemerintah Kabupaten Tuban.

Sektor pariwisata tidak hanya memberikan kontribusi terhadap pendapatan asli daerah, namun juga memberikan multiplayer effect kontribusi terhadap laju perekonomian masyarakat daerah. Sektor pariwisata akan memberikan peluang lapangan pekerjaan baru untuk masyarakat di sekitar destinasi wisata. 

Misalnya masyarakat dapat menjadi penyedia fasilitas untuk pelengkap wisata yaitu dengan homestay, pemandu wisata, pengelola destinasi wisata, penyediaan lahan parkir, petugas penjual tiket, penjual makanan pada kantin dan lain sebagainya. Hal ini juga terjadi di daerah Tuban yakni di kecamatan Merakurak.

Dengan adanya wisata tersebut, masyarakat yang semulanya mengandalkan pertanian kini memiliki usaha sampingan. Masyarakat yang di daerah wisata tersebut lebih produktif awalnya Ibu-ibu rumah tangga banyak memproduksi WELIT (atap rumah dari daun pohin sagu) kini bisa kerja sampingan dengan berjualan. Bahkan, para pemuda kini bisa ikut andil di objek wisata.

Namun, di balik dampak yang positif juga sangat di sayangkan karena wisata tersebut juga dapat meningkatkan jumlah sampah yang bersumber dari para wisatawan yang datang.

Dengan memanfatkan kemajuan teknologi, khusunya di bidang media sosial implementasinya pada wisata Pelang di Kabupaten Tuban semua orang dapat mengetahuinya. Semakin banyak yang mengetahui, maka akan muncul dua kemungkinan desa tersebut semakin di kenal dan APD bertambah serta jumlah kunjungan juga semakin bertambah.

Dari hasil pembahasan, dapat disimpulkan bahwa Kabupaten Tuban memiliki banyak sekali potensi wisata yang belum dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Tuban. Dengan adanya kemajuan teknologi, dapat membantu mengembangkan potensi wisata di Kecamatan Merakurak.

Dalam hal pembangunan, sebaiknya pemerintah Kabupaten Tuban lebih memperhatikan potensi- potensi pariwisata, khususnya wilayah menjadi multipayer effect baik dari segi pembangunan, pariwisata, maupun perekonomian masyarakat yang ada disekitar wisata tersebut. (*)

Opini ini ditulis oleh mahasiswi IAINU Tuban jurusan Manajeman Dakwah, Email: daffayp17@gmail.com.

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

 

Tag : Pariwisata Tuban, Wisata pelang, wisata alam Tuban, Blok Tuban, Berita Tuban, Tuban hari Ini, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat