Tiga Tahun ke Depan, IGI Tuban dan SMAIT Al Uswah Kuatkan Literasi untuk Inovasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al Uswah Tuban (SMAIT Al Uswah Tuban) Jawa Timur sepakat menjalin kerja sama bidang literasi dengan organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tuban

Jalinan kesepakatan ini mengikat selama tiga tahun. Kedua belah pihak akan sama-sama sukseskan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dan peningkatan kompetensi guru dan siswa. Bentuk kerja sama dibubuhkan dalam memorandum of understanding (MoU) Kepala SMA IT Al Uswah dan Ketua IGI Tuban.

Penandatanganan ini atas prinsip kemitraan dan saling memberikan manfaat dengan memberikan pelatihan ke siswa dan guru minimal 2 kali dalam setahun selama masa perjanjian. Adapun narasumbernya dari IGI Trainer Center (ITC) Tuban. 

Kegiatan ini dilaksanakan di kantor SMAIT Al Uswah Tuban dihadiri Waka Humas, Waka Kurikulum, PJ KTI siswa, Jumat (29/7). Apni Viyandari Kepala SMAIT Al Uswah Tuban mengucap syukur atas kerja sama tersebut. 

Artikel lainnya :

-Lirik Lagu dan Chords 'Dunia Tipu-Tipu' - Yura Yunita yang Mudah Dihafal

- 30 Juli 2022, Harga Emas di Pegadaian untuk Cetakan Antam dan UBS Naik

Gelar Rapat Pleno, Panitia Pilkades Rengel Tetapkan 6471 DPS

Bacaan Shalawat Nariyah: Ajaran Rasulullah dengan Ganjaran Berlipat Ganda

"Alhamdulillah dengan terjalinnya kerja sama SMAIT Al Uswah Tuban dan IGI tuban dengan penandatanganan MoU ini, semoga menjadi ikhtiar kami di awal tahun ajaran ini untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah kami," ujar Apni.

Apni menambahkan, selama ini pihanya memiliki program Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan sudah berjalan cukup baik. Dengan bekerja sama dengan IGI Tuban, menjadikan lembaganya lebih termotivasi untuk bisa lebih produktif dan lebih baik lagi dalam hal berliterasi. 

"Sehingga beberapa target di program unggulan kami bisa berjalan sebagaimana yang kami harapkan, imbuh guru muda berprestasi ini.

Mantan Waka Kurikulum ini berharap, IGI semakin bermanfaat bagi lembaga pendidikan di Tuban, sehingga tercapainya Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai bagian dari peningkatan IPM di Tuban dan menyongsong Tuban Bumi Literasi.

Ikhwan Fahrudin, Ketua IGI Kabupaten Tuban mengatakan bahwa IGI hadir dalam memberikan pelatihan untuk peningkatan kualitas pendidikan di Bumi wali. Menjadi kehormatan bagi IGI Tuban bisa bekerja sama dengan sekolah hafiz Qur’an ini. 

"Kita tahu bahwa SMAIT Al Uswah Tuban ini telah banyak melahirkan santri yang berprestasi tingkat nasional, kata ketua IGI termuda nasional ini. Motto sharing and growing together ini terus kami laksanakan untuk berbagi dan bearti,” kata Ikhwan.

Ikhwan melanjutkan, GLS memperkuat gerakan penumbuhan budi pekerti sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015.

“Ke depan kita bisa sinergi untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan di bumi wali. Kami punya SDM di ITC yang siap diterjunkan dalam pelatihan literasi hingga jadi karya buku,” terang mantan aktifis PMII Tuban ini.

Lebih dari itu, IGI mempunyai SDM yang kompeten di bidangnya. Diharapkan jalinan kerja sama SMAIT Al Uswah Tuban dan IGI, dapat terus memunculkan inovasi karya demi cita-cita Tuban Bumi Literasi dan sekolah aktif literasi. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS