3 Program Digital Pemkab Tuban, Ini Manfaatnya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kesempatan pelaku UMKM bersaing untuk memasarkan produknya dengan jangkauan lebih luas, kini terbuka lebar setelah adanya terobosan dari Pemerintah Kabupaten Tuban. Penglarisku, e-commerce lokal dihadirkan dan telah menampung 282 produk UMKM Tuban.

Pada aplikasi PenglarisKu konsumen dapat memesan produk UMKM yang ada di Kabupaten Tuban seperti olahan makanan, minuman, batik, kerajinan, dan bahan pokok, Jumat (15/4/2022).

"Pemesanan produk pada aplikasi PenglarisKu layaknya proses belanja pada e-commerce belanja lainnya," ujar Kepala BPKPAD Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi.n

Selain e-commerce tersebut Pemkab juga meluncurkan Sistem Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) online melalui Collecting Agent (CA), dan E-billing di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Tiga program digital tersebut, merupakan kerjasama antara Pemkab Tuban dengan Bank Jatim pusat maupun Cabang Tuban. Langkah tersebut menjadi komitmen dalam memberi pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat dalam pembayaran PBB-P2. 

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menyatakan pemanfaatan E-billing mampu meningkatkan jumlah objek PBB-P2 dan menjamin konsep transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"Saat ini pembayaran PBB-P2 secara online telah mencapai 90 persen. Akan terus ditingkatkan hingga 100 persen," kata Bupati Halindra.  

Mas Bupati menjelaskan hadirnya aplikasi PenglarisKu juga diharapkan menjadi terobosan bagi UKM untuk mengembangkan usahanya, selaras dengan program One Village One Product (OVOP). Pelaku UKM dapat memanfaatkan PenglarisKu sebagai sarana promosi sehingga mampu bersaing hingga pasar global. 

"Produk kita memiliki kekhasan dan saya yakin mampu bersaing," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar 40 persen APBD diarahkan untuk membeli produk UKM. Dengan demikian, akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya intruksikan OPD terkait melakukan sosialisasi mengenai 3 program digitalisasi ini. Semakin banyak orang yang memanfaatkan sejumlah aplikasi tersebut akan mempercepat pembangunan dan membawa kemajuan di Kabupaten Tuban," pintanya.

Hadir dalam peluncuran program digital tersebut, Wabup Tuban Riyadi, Sekda Tuban, Budi Wiyana, Direktur Konsumen, Retail, dan Usaha Syariah Bank Jatim, Arif Wicaksono, Kepala Cabang Bank Jatim Tuban, pimpinan OPD, Kepala Desa, dan pelaku UKM. [Ali]