20:00 . 1 Desember 2022 Hari AIDS Sedunia, ODHA Kerap Hadapi Stigma Buruk Masyarakat   |   19:00 . Segini Jumlah Sopir Angkutan dan Ojol Tuban yang Terdaftar BLT BBM   |   18:00 . Harga Telur di Tuban Tembus Rp30 ribu Per Kilogram, Pemicunya BPNT dan PKH Cair   |   17:00 . Melalui Sekoah Binaan, PT UTSG Kembangkan Program Penghijauan (PRANARAKSA) di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   16:00 . Pusat Belajar Guru Tuban Pamerkan 40 Karya Guru Berbagai Jenjang   |   15:00 . Lantik Pengurus Cabang SH Terate Tuban, Ketum PSHT Serukan Jauhi Narkoba   |   14:00 . PT UtSG Serahkan dan Tanam 23 Jenis Pohon Buah Langka di SMK Negeri Tambakboyo Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja 6 Formasi di Klinik Kecantikan Cabang Tuban- Bojonegoro   |   12:00 . Santri Kaya Tidak Berdosa   |   11:00 . Jadwal Tanding Piala Dunia 2022 Qatar Malam Ini 1-2 Desember 2022, Ada Jerman dan Spanyol   |   10:00 . Daftar Desa di Tuban Kebanjiran Dampak Luapan Kali Kening, Warga Mulai Dievakuasi   |   09:00 . Segera Dibangun, Ini Bocoran Lelang Tol Demak-Tuban   |   08:00 . Dok!..Dana Bantuan Parpol Tuban Jadi Rp5 Ribu per Suara di 2023   |   07:00 . Ciptakan Sipinter, Mahasiswa PEM Akamigas Raih Emas di IWA 2022   |   06:00 . Kali Kening Meluap, Ratusan Rumah Warga di Tuban Terendam Banjir   |  
Thu, 01 December 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

3 Program Digital Pemkab Tuban, Ini Manfaatnya

bloktuban.com | Friday, 15 April 2022 08:00

3 Program Digital Pemkab Tuban, Ini Manfaatnya Salah satu program digital untuk membantu pemasaran produk UMKM Tuban bersaing di pasar global. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kesempatan pelaku UMKM bersaing untuk memasarkan produknya dengan jangkauan lebih luas, kini terbuka lebar setelah adanya terobosan dari Pemerintah Kabupaten Tuban. Penglarisku, e-commerce lokal dihadirkan dan telah menampung 282 produk UMKM Tuban.

Pada aplikasi PenglarisKu konsumen dapat memesan produk UMKM yang ada di Kabupaten Tuban seperti olahan makanan, minuman, batik, kerajinan, dan bahan pokok, Jumat (15/4/2022).

"Pemesanan produk pada aplikasi PenglarisKu layaknya proses belanja pada e-commerce belanja lainnya," ujar Kepala BPKPAD Kabupaten Tuban, Teguh Setyobudi.n

Selain e-commerce tersebut Pemkab juga meluncurkan Sistem Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) online melalui Collecting Agent (CA), dan E-billing di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Tiga program digital tersebut, merupakan kerjasama antara Pemkab Tuban dengan Bank Jatim pusat maupun Cabang Tuban. Langkah tersebut menjadi komitmen dalam memberi pelayanan yang lebih mudah bagi masyarakat dalam pembayaran PBB-P2. 

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, menyatakan pemanfaatan E-billing mampu meningkatkan jumlah objek PBB-P2 dan menjamin konsep transparansi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Sehingga mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

"Saat ini pembayaran PBB-P2 secara online telah mencapai 90 persen. Akan terus ditingkatkan hingga 100 persen," kata Bupati Halindra.  

Mas Bupati menjelaskan hadirnya aplikasi PenglarisKu juga diharapkan menjadi terobosan bagi UKM untuk mengembangkan usahanya, selaras dengan program One Village One Product (OVOP). Pelaku UKM dapat memanfaatkan PenglarisKu sebagai sarana promosi sehingga mampu bersaing hingga pasar global. 

"Produk kita memiliki kekhasan dan saya yakin mampu bersaing," imbuhnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menginstruksikan agar 40 persen APBD diarahkan untuk membeli produk UKM. Dengan demikian, akan mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. 

"Saya intruksikan OPD terkait melakukan sosialisasi mengenai 3 program digitalisasi ini. Semakin banyak orang yang memanfaatkan sejumlah aplikasi tersebut akan mempercepat pembangunan dan membawa kemajuan di Kabupaten Tuban," pintanya.

Hadir dalam peluncuran program digital tersebut, Wabup Tuban Riyadi, Sekda Tuban, Budi Wiyana, Direktur Konsumen, Retail, dan Usaha Syariah Bank Jatim, Arif Wicaksono, Kepala Cabang Bank Jatim Tuban, pimpinan OPD, Kepala Desa, dan pelaku UKM. [Ali]

 

 

Tag : Program Digital, Penglarisku, Pemkab, Bupati Tuban, Bupati Halindra, Berita Tuban, Info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat