MoU Bidang Literasi, Ini Target MA Islamiyah Senori dan IGI Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - MA Islamiyah Senori Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Tuban sepakat menjalin kesepatakan dalam hal literasi dan peningkatan kompetensi guru. 

Bentuk kerja samanya dibubuhkan dalam Memorandum Of Understanding (MoU) Kepala MA Islamiyah Senori dan Ketua IGI Tuban. Kegiatan ini dilaksanakan di lantai 2 gedung MA Islamiyah Senori dihadiri pengurus yayasan, dewan guru, karyawan, dan pengurus OSIS. Lembaga dalam naungan Yayasan Sunnatunnur ini serius dalam hal literasi, Senin, (13/6/2022).

Baca Juga : Tentukan Angka Literasi Tuban, Survei Responden SD hingga S3 Tinggal Tunggu Hasil

Kepala MA Islamiyah Senori Gatot Utuh Santoso mengatakan bahwa lembaga ini telah banyak siswa-siswinya yang masuk perguruan tinggi negeri tahun ini. 

"Kami melayani anak-anak yang sudah lulus SNMPTN 13 siswa di perguruan tinggi negeri umum. Siswa kami juga masuk di perguruan tinggi negeri keagamaan 13 siswa juga," ujarnya. 

Adapun siswa lain, lanjut Utuh juga masuk dengan jalur SBMPTN - UTBK. Raihan tersebut dicapai atas semangat literasi yang tinggi dari lembaganya. 

Baca Juga : AMSI Target 250 Orang Ikuti Pelatihan Literasi Berita di 10 Wilayah

Madrasah yang dipimpin Utuh memiliki ciri khas yakni mata pelajaran lebih banyak dari yang lain. Hal itu menyebabkan siswanya menguasai mata pelajaran umum dan agama lebih.

Pihaknya juga telah bekerja sama dengan ITS Surabaya. Agenda di sekolahnya yaitu masuk di majalah Kakemenag Tuban yang mana Utuh juga sebagai redaktur seniornya.

"Kami serius dalam hal literasi. Lembaga kami punya majalah sekolah Pijar Emas, kami juga aktif berkarya di media cetak. Gerakan ayo membangun madrasah (geram) Kemenag Tuban membentuk AMI anugerah madrasah inovasi. Kami dari literasi tim madrasah ikut dalam ajang ini. Mudah-mudahan MoU ini diridai Allah Swt," katanya.

Sementara H Fajrud Duha selaku Ketua Bidang Akademik Yayasan Sunnatunnur menyambut baik MoU ini. Terima kasih kepada IGI Tuban yang berkenan bekerja sama.

Baca Juga : Ketua PMII Tuban Ingatkan Kadernya untuk Hati-hati Tinggalkan Jejak di Sosial Media

"Sebenarnya kita juga sudah bekerja sama dengan lembaga lain. Kerja sama ini mudah-mudahan bisa menambah semangat guru dan siswa kami untuk terus berkarya tulis", bebernya.

Fajrud menjelaskan di lembaganya sudah ada beberapa guru kami juga aktif berkarya di literasi, tulis menulis. Ada di Pergunu Tuban juga. Berkarya untuk lebih menginspirasi dalam karya buku.

Sedangkan Ketua IGI Kabupaten Tuban, Ikhwan Fahrudin berbahagia atas kesepakatan baik ini. Ia juga berterimakasih kepada Yayasan Sunnatunnur Senori yang telah bekerja sama. 

Baca Juga : Duta Baca Indonesia Gol A Gong Safari Literasi di Tuban

Alumnus PTS Tuban itu mengajak sinergi untuk semakin meningkatkan kualitas pendidikan di Bumi Wali. Lebih lanjut, pengurus IGI Tuban juga siap bersinergi dan kolaborasi dalam pelatihan literasi hingga membuahkan karya buku. 

"Kami mempunyai SDM yang kompeten di bidangnya. Jalinan kerjasama ini diharapkan bisa membantu madrasah untuk berinovasi karya demi cita-cita mulia", terang guru muda ini. [Ali]

 

Dapatkan Konten Berita Menarik Lainnya Hanya DI SINI.