Heboh!...Pendaftaran Cakades di Tuban Diiring Ratusan Warga hingga Dikawal TNI-Polri

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pendaftaran Calon Kepala Desa (Cakades) di Kabupaten Tuban tepatnya Desa Socorejo, Kecamatan Jenu heboh hingga dikawal petugas TNI-Polri, Kamis (28/7/2022) siang. Sebab, ratusan massa pendukungnya ikut mengawal dan memadati jalur Pantura Tuban-Bancar KM 23.

Ratusan massa Cakades Zubas Arif Rahman Hakim yang saat ini masih menjabat sebagai Kades Socorejo, terpantau telah berkumpul di rumah petinggi sejak pagi.

Sebelum berangkat mendaftar ke Balai Desa Socorejo, Cakades Arief menggelar khataman Al-Qur'an, dilanjutkan sungkem kepada ayah, ibu, family, dan warganya. Sesaat setelah ayah Cakades Arief mendoakan putranya, nampak kelompok perempuan dan ibu rumah tangga menangis haru.

Terkait: Suasana Pendaftaran Pilkades Desa Ini Disebut Warga Mirip Pilkada Tuban

Ketua pemenangan Cakades Arief, Basuki mengatakan, ratusan warga yang ikut mengiring pendaftaran Cakades Arief murni kecintaannya kepada sosok pemimpin muda di Socorejo tersebut.

"Kami tidak menyangka antusias ratusan warga yang ikut mengawal pendaftaran hari ini. Ini bukti cinta dan berjalan alami," ujar Basuki saat diwawancarai blokTuban.com usai pendaftaran.

Basuki menambahkan, selepas berangkat dari rumahnya Cakades bersama ratusan warga singgah di Masjid Socorejo untuk menjalankan Salat Dhuhur berjamaah. Setelah itu, Cakades bersama rombongannya menyusuri gang Dusun Karangdowo di utara Jalur Pantura.

Petugas TNI-Polri dibantu warga nampak mengatur lalu lintas Jalan Pantura, dan arus lalu lintas sempat berhenti beberapa menit. Isak tangis warga di Dusun Karangdowo nampak menyambut iring-iringan Cakades yang didampingi istrinya.

Terkait: 24 Syarat Administrasi Calon Kepala Desa, Cek Kelengkapannya!

Setibanya di Balai Desa Socorejo, Basuki langsung mendampingi Cakades menyerahkan berkas pendaftaran kepada panitia Pilkades Socorejo. Sedangkan untuk warga yang mengantarkan memadati balai desa hingga meluber ke terasnya.

"Berkas lengkap dan diterima oleh panitia," imbuhnya.

Terpisah, Cakades Arif tidak menyangka ada ratusan warga yang mengantarkan pendaftaran. Pada Pilkades periode keduanya, pihaknya tidak berambisi dan mengikuti keinginan masyarakat.

"Tidak pernah saya prediksi, kalau pendaftaran seperti ini. Dibandingkan dulu di periode pertama, saya daftar sendiri," sambungnya.

Ketua Panitia Pilkades Socorejo tahun 2022, Mujahidin berpesan kepada massa pendukung Cakades untuk menjaga ketertiban dan tidak berujar kebencian kepada lawan. Menjadi tanggungjawab bersama untuk menciptakan situasi di Socorejo yang damai, aman, dan kondusif.

Terkait: Bila Terjadi Gesekan pada Pilkades Serentak di Tuban, Pihak Keamanan Akan Lakukan Ini!

"Sementara ada tiga Cakades yang mendaftar. Hari ini yang daftar Cakades Arief," jelas Mujahidin.

Berdasarkan data dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos, P3A serta PMD) Tuban tahun 2022 ada 47 desa di 17 kecamatan yang menyelanggarakan Pilkades serentak pads Oktober mendatang.

Kepala bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Dinsos P3A serta PMD Tuban, Suhud mengatakan, di Kecamatan Jenu selain Desa Socorejo juga ada Desa Sugihwaras yang menggelar Pilkades serentak.

Lalu, Kecamatan Jatirogo ada Desa Wangi, Desa Bader, Desa Paseyan, Desa Wotsogo, Desa Demit, Kecamatan Bangilan di Desa Klakeh, Desa Bangilan, Desa Kumpulrejo. Kecamatan Bancar di Desa Banjarjo, Desa Boncong, Desa Sukoharjo, Desa Ngampelrejo.

Kecamatan Senori ada di Desa Rayung, Desa Katerban. Kecamatan Tambakboyo di Desa Plajan, Desa Mander, Desa Cokrowati. Kecamatan Singgahan di Desa Lajo lor, Desa Tunggulrejo. Kecamatan Kerek di Desa Jarorejo, Desa Padasan.

Kecamatan Parengan di Desa Kemlaten, Desa Sukorejo, Desa Mergoasri. Kecamatan Soko di Desa Simo, Desa Bangunrejo, Desa Gununganyar, Desa Sandingrowo. Kecamatan Merakurak di Desa Tobo, Desa Kapu, Desa Sumber. Kecamatan Rengel di Desa Rengel, Desa Campurejo.

Kecamatan Plumpang di Desa Sumberagung. Kecamatan Palang di Desa Tegalbang, Kradenan, Dawung, Palang. Kecamatan Widang di Desa Compreng, Desa Sumberjo, Desa Simorejo. Kecamatan Grabagan di Desa Ngarum, Desa Banyubang, Desa Menyunyur. Kecamatan Montong di Desa Sumurgung. [ali/dwi]

 

Temukan konten berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS