Luluskan 111 Mahasiswa, IAI Al-Hikmah Tuban Gelar Yudisium VIII

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Institut Agama Islam Al Hikmah Tuban menggelar Yudisium VIII, Selasa (26/07). Yudisium periode ini mengangkat tema "Peluang dan tantangan Praktisi Hukum di Indonesia". 

Sebanyak 111 mahasiswa diyudisium terdiri dari tiga fakultas yaitu Fakultas Tarbiyah ada tiga prodi yaitu Prodi Manajemaen Pendidikan Islam (MPI) sebanyak 42 mahasiswa, Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) sebanyak 22 mahasiswa, serta Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebanyak 17 mahasiswa.

Selanjutnya dari Fakultas Syariah dengan Prodi Hukum Keluarga Islam (HKI) sebanyak 16 mahasiswa, dan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari Prodi Ekonomi Syariah dengan 14 mahasiswa bertempat di Aula Lantai 3 IAI Al Hikmah Tuban.

Artikel lainnya : Suhu Dingin di Akhir Juli? BMKG Tuban: Ini Fenomena Bediding

Rektor IAI Al Hikmah Tuban Dr. Hj Nurotun Mumtahanah dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada para peserta Yudisium VIII dan berpesan agar seluruh calon wisudawan dapat berkiprah di masyarakat dengan bekal ilmu dan moral yang dimiliki. Mahasiswa harus bisa menyesuaikan diri hidup di tengah masyarakat. Dibutuhkan kecerdasan konstruktif dan kemampuan adaptif kolaboratif agar bisa eksis dan menjadi pemenang di era digital saat ini.  

“Anda bukanlah anak-anak, tapi anda adalah figur bagi masyarakat. Anda adalah sarjana, saya percaya kalian semua memiliki prestasi yang berbeda, bakat yang berbeda. Untuk itu, jadilah sarjana yang berakhlak sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Rektor dalam keterangan tertulisnya kepada blokTuban.com.

Artikel lainnya : Mobil Incar Masih Libur, Pelanggar Tilang Konvesional Capai 8.535

Lebih lanjut, Rektor memberikan motivasi yang sangat bagus untuk mahasiswa agar menjadi mahasiswa yang melek teknologi. Sekaligus mahasiswa harus mampu menggunakan teknologi sebaik-baik mungkin untuk mencapai kemudahan dan kesuksesan kedepan.

Turut hadir Ketua Pengadilan Agama Tuban Drs. Mufi Ahmad Baihaqi sebagai keynote speaker dalam kegiatan yudisium itu. Dalam kesempatan itu ia mengungkapkan banyak hal, salah satunya bahwa kader menjadi seorang hakim di Pengadilan Agama harus bisa membaca kitab dan hafal Al-Quran minimal 2 Juz, sehingga ia mengatakan bahwa mahasiswa IAI Al-Hikmah mempunyai peluang yang sangat besar karena berada didalam lingkungan pondok pesantren. 

Oleh karena itu, lulusan IAI Al Hikmah harus mampu bersaing dengan lulusan lulusan universitas lain yang berada disekitar IAI Al Hikmah Tuban. Maka begitu penting bagi mahasiswa untuk bisa menjadikan tiap waktu untuk belajar dan tiap manusia sebagai sumber pembelajarannya.  

Artikel lainnya : Mengintip Kegiatan TPQ di Markas Kodim 0811 Tuban

Kegiatan yudisium diakhiri dengan doa dan pesan singkat dari Ketua Yayasan Al Hikmah Tuban, KH. M. Husnan Dimyati yang berharap apa yang disampaikan oleh Ketua Pengadilan Agama Tuban bisa menjadi bekal mahasiswa dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bidangnya masing masing dan para pimpinan dan dosen selalu menjaga kekompakan dalam memajukan IAI Al Hikmah Tuban semakin baik lagi.

“Alhamdulillah acara yudisium berjalan lancar dan tertib, ditambah dengan penampilan sambutan peserta yudisium yang menambah haru suasana yudisium. Ucapan terima kasih kami haturkan kepada seluruh undangan yang hadir dan terima kasih juga untuk kerja tim dalam mensukseskan acara ini,” Ujar Vita Fitriatul Ulya, Ketua Panitia Yudisium 2022. 

Artikel lainnya : Tarif Listrik Membengkak dan Mau Turun Daya? Ini Kata ULP PLN Tuban 

Diketahui, kegiatan Yudisium ini (26/07) akan dilanjutkan dengan acara wisuda yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan oktober 2022. Hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Al-Hikmah Tuban KH. M. Husnan Dimyati, Rektor IAI Al-Hikmah Tuban Dr. Hj. Nurotun Mumtahanah, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Laily Hidayati.

Lainnya, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Syaikul Hakim, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Arif Syamsurrijal, Dekan Fakultas Tarbiyah Dr. Mujib Ridlwan, Dekan Fakultas Syariah H. Herfin Fahri, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Moh. Agus Sifa’, seluruh ketua prodi, dosen dan BAUAK, serta para calon wisudawan Fakultas Tarbiyah, Fakultas Syariah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS